Penulis Utama : Muchammad Taufiq R
NIM / NIP : K4611081
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar permainan bolavoli melalui penerapan model pembelajaran teaching game for understanding pada peserta didik kelas XI Mesin A SMK Bhinneka Karya Surakarta tahun ajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah peserta didik kelas XI Mesin A SMK Bhinneka Karya Surakarta yang berjumlah 28 peserta didik yang keseluruhan peserta didiknya putra. Sumber data berasal dari peserta didik, peneliti dan guru yang bertindak sebagai kolaborator. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Validitas data menggunakan triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan presentase.
Hasil analisis menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran teaching game for understanding dapat meningkatkan hasil belajar permainan bolavoli dari pra siklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan hasil belajar permainan bolavoli pada siklus I yang dinyatakan tuntas mencapai 57,14% atau sebanyak 16 peserta didik dari total 28 peserta didik. Peningkatan hasil belajar permainan bolavoli juga terjadi pada siklus II dengan prosentase sebesar 85,71% atau sebanyak 24 peserta didik yang tergolong kriteria Tuntas hasil belajar, yang tuntas di KI Spiritual, KI Sosial, KI Pengetahuan, dan KI Keterampilan. Adapun 4 peserta didik lainnya tergolong dalam kategori belum tuntas.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran teaching game for understanding dapat meningkatkan hasil belajar permainan bolavoli pada peserta didik kelas XI Mesin A SMK Bhinneka Karya Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016.
Kata Kunci : Model pembelajaran Teaching Game for Understanding, Hasil Belajar, Permainan Bolavoli

 

×
Penulis Utama : Muchammad Taufiq R
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4611081
Tahun : 2016
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Teaching Game For Understanding untuk Meningkatkan Hasil Belajar Permainan Bolavoli pada Peserta Didik Kelas XI Mesin A SMK Bhinneka Karya Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi-K4611081-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Waluyo, M.Or
2. Sri Santoso Sabarini, S.Pd.,M.Or
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.