Penulis Utama : M. V. Nanda K. I.
NIM / NIP : K2308005
×

ABSTRAK

<!--[if gte mso 9]><xml> Hp 14.00 </xml><![endif]-->

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan kognitif antara siswa yang diajar dengan penggunaan media pembelajaran game edukasi berbasis Role Playing Game (RPG) dengan metode Instructional Games dan Teams Games Tournaments materi Kalor dan Perpindahannya pada siswa SMP kelas VII.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperiment. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 2 Tuntang. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP  N 2 Tuntang Tahun Ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 7 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas, yaitu kelas VIIA dan VIIB,  yang masing-masing terdiri dari 32 siswa. Teknik pengambilan data dilakukan dengan teknik dokumentasi dan tes. Teknik dokumentasi digunakan untuk memperoleh data keadaan awal siswa yang diambil dari nilai Fisika hasil tes tengah semester I, sedangkan teknik tes untuk memperoleh data kemampuan kognitif IPA siswa pada pokok bahasan Kalor dan Perpindahannya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan uji t-test satu ekor.

  Dari analisis data diperoleh hasil terdapat perbedaan rerata kemampuan kognitif antara penggunaan media pembelajaran game RPG(Roleplaying Game) pada metode Instructional Games dan Teams Games Tournaments pada materi Kalor dan Perpindahannya siswa kelas VII SMPN 2 Tuntang. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi 0,002 (<0,05).

 

Kata kunci: Game edukasi, Instructional Games, Teams Games Tournaments, Kalor dan Perpindahannya, RPG

<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin:0cm; mso-para-margin-bottom:.0001pt; text-align:justify; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi; mso-ansi-language:EN-US; mso-fareast-language:EN-US;} </style>

×
Penulis Utama : M. V. Nanda K. I.
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2308005
Tahun : 2016
Judul : Eksperimentasi Media Pembelajaran Berbasis RPG (Role Playing Game) dengan Menggunakan Metode Instructional Games dan Teams Games Tournaments pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas VII SMPN 2 Tuntang Kabupaten Semarang
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Fisika-K2308005-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sukarmin, M.Si., Ph.D
2. Ahmad Fauzi, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.