Penulis Utama : Betta Triyanto
NIM / NIP : S351402005
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) Efektifitas Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Melalui Pendaftaran Mandiri Akta Tanah secara Online di Kabupaten Sukoharjo. (2) Kendala – kendala dalam Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Melalui Pendaftaran Mandiri Akta Tanah secara Online di Kabupaten Sukoharjo serta solusi untuk permasalahan tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian empiris, dengan menggunakan manifestasi makna – makna simbolis para perilaku sosial diantaranya Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia, PPAT dan masyarakat selaku klien PPAT, yang tampak dalam interaksi antar mereka. Jenis data yang peneliti pakai adalah data primer dan sekunder. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif (interactivemodel analysis).
Hasil dari studi dilapangan menunjukkan bahwa pelaksanaan Pendaftaran Tanah Melalui Pendaftaran Mandiri Akta Tanah (PERMATA) secara Online di Kabupaten Sukoharjo belum berlaku efektif, baik dilihat dari komponen struktur, substansi maupun kultur. Kendala yang dijumpai adalah (1) jaringan internet dan jaringan data penyimpanan yang ada di Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia, (2) Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia masih menerima pendaftaran secara manual/offline. Solusi untuk menghadapi kendala tersebut adalah dengan (1) menambah ruang penyimpanan data dan memperkuat jaringan akses internet, (2) membuat ketentuan dan aturan yang jelas untuk melindungi para pihak serta(3) menambah pegawai dalam program PERMATA ini sehingga tanggung jawab lebih jelas.
Kata Kunci : Implementasi, Pendaftaran Tanah, Pendaftaran Online,Akta Tanah.

×
Penulis Utama : Betta Triyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S351402005
Tahun : 2016
Judul : Efektifitas Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Melalui Pendaftaran Mandiri Akta Tanah Secara Online di Kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - FH - 2016
Program Studi : S-2 Kenotariatan
Kolasi :
Sumber : UNS-FH Jur. Magister Kenotariatan-S351402005-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. DR.I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani, SH, MM
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.