Penulis Utama : Dery Istanto Dwi Cahyo
NIM / NIP : S811308008
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa pada materi conversation Bahasa Inggris siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Gondangrejo melalui penggunaan multimedia interaktif.

Jenis penelitian ini adalahClassroom Action Research(CAR) atau biasa dikenal dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian siswa kelas kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Gondangrejo berjumlah 34 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes (tes prestasi belajar) dan non tes (angket dan observasi). Metode tes, yakni pretest dan posttes digunakan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa, sementara metode non tes (angket minat dan observasi) digunakan untuk mengetahui seberapa besar minat belajar siswa pada Bahasa Inggris. Keberhasilan penelitian ini dapat dilihat berdasarkan ketercapaian indikator keberhasilan penelitian yang telah ditetapkan sebelumnya, yakni 1) ≥85% siswa dalam satu kelas mencapai KKM 7,1 dan 2) prosentase rata-rata minat belajar siswa terhadap pembelajaran Bahasa Inggris sebesar ≥85% .

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia interaktif secara tepat mampu meningkatkan minat belajar dan prestasi belajar siswa terhadap materi conversationBahasa Inggris. Peningkatan prestasi belajar siswa terlihat dari rata-rata kelas yang semula 71 pada Siklus I menjadi 76 pada Siklus II. Nilai terendah meningkat dari 58 pada Siklus I menjadi 68 pada Siklus II. Nilai tertinggi meningkat dari 84 pada Siklus I menjadi 88 pada Siklus II. Persentase minat belajar siswa mengalami peningkatan dari 65,52% pada kondisi awal, menjadi 68,53% pada Siklus I dan menjadi 85,59% pada Siklus II. Selain itu persentase jumlah siswa yang mencapai KKM ≥ 71 juga mengalami peningkatan dari 61,76% pada Siklus I menjadi 85,29% di Siklus II. Dilihat dari peningkatan prosentase minat belajar dan ketuntasan belajar klasikal yang mencapai lebih dari 85% maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini telah berhasil dan dapat dihentikan.

 

Kata kunci: minat, prestasi belajar, conversation, multimedia interaktif.

×
Penulis Utama : Dery Istanto Dwi Cahyo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S811308008
Tahun : 2016
Judul : Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar Conversation Melalui Penggunaan Multimedia Interaktif di MTs Muhammadiyah 1 Gondangrejo
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-2 Teknologi Pendidikan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Teknologi Pendidikan-S811308008-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suharno, M.Pd
2. Dr. Akhmad Arif Musadad, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.