Penulis Utama : Ika Nur Fitriati
NIM / NIP : D1513045
×

Tiket kapal laut merupakan dokumen perjalanan laut yang wajib dimiliki oleh penumpang. Badan Usaha pengoperasian kapal merupakan perusahaan yang salah satu pendapatan terbesarnya berasal dari penjualan tiket kapal laut. Berkaitan dengan hal tersebut, pelaksanaan administrasi yang efektif dan efisien dalam hal penjualan tiket sangat dibutuhkan sebagai upaya mengembangkan perusahaan. Administrasi penjualan tiket adalah serangkaian aktivitas yang berlangsung dari awal dimulainya proses penjualan tiket sampai dengan berakhirnya proses penjualan tiket.
Landasan teori yang digunakan penulis dalam pengamatan ini berupa buku, undang-undang, internet, serta sumber-sumber lain yang dapat mendukung materi penulis. Tujuan pengamatan yang dilakukan penulis adalah untuk mengetahui bagaimana administrasi penjualan tiket kapal laut di PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) Cabang Semarang. Jenis pengamatan yang digunakan penulis adalah deskriptif kualitatif dengan metode observasi berperan aktif. Pengamatan mengambil lokasi di PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) Cabang Semarang. Sumber data diperoleh dari narasumber (informan), tempat atau kejadian, dan dokumen di mana teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi serta pengkajian dokumen. Teknik analisis data yang digunakan penulis yaitu reduksi data, sajian data serta penarikan simpulan dan verifikasi.
Hasil pengamatan yang dilakukan oleh penulis yaitu administrasi penjualan tiket kapal laut dilakukan di loket penjualan dan juga di agen penjualan. Proses administrasi penjualan dimulai dari pesanan oleh calon pembeli, kemudian pengisian formulir pemesanan tiket yang diberikan secara gratis oleh petugas loket. Formulir yang diisi kemudian diserahkan kepada petugas loket sebagai referensi untuk issued tiket. Proses issued tiket dilakukan secara online menggunakan aplikasi ticketing. Setelah selesainya issued serta pembayaran tarif tiket, tiket dapat dicetak dan diserahkan kepada pemesan sebagai dokumen perjalanan penumpang. Pada berakhirnya proses penjualan, Asisten Manager Pemasaran dan Penjualan Jasa, wajib melaporkan Rekapitulasi Kas List Harian atau laporan penjualan tiket harian kepada divisi keuangan untuk menjadi bahan laporan pendapatan.

×
Penulis Utama : Ika Nur Fitriati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1513045
Tahun : 2016
Judul : Administrasi Penjualan Tiket Kapal Laut di Pt Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) Cabang Semarang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2016
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. ISIP Prog. Diploma III Manajemen Administrasi - D1513045 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Endang Kurnia Maharani S.Sos
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.