Penulis Utama : Martha Lorinda
NIM / NIP : K8412046
×

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Sosiologi siswa kelas XI IPS 2 SMA N 1 Mojolaban tahun pelajaran 2015/2016 melalui penerapan model pembelajaran Teams Games Tournaments.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA N 1 Mojolaban sebanyak 35 siswa. Teknik utama dalam pengumpulan data menggunakan observasi dan tes, sementara teknik pendukung dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data secara kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Sosiologi siswa kelas XI IPS 2 SMA N 1 Mojolaban. Peningkatan hasil belajar diamati dari peningkatan rata-rata siswa mulai dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada saat pra tindakan, ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 51 % atau sekitar 18 siswa yang dinyatakan tuntas dengan capaian nilai rata – rata kelas 73,37. Kemudian pada siklus I setelah diterapkannya model pembelajaran Teams Games Tournament ketuntasan belajar siswa mencapai 80 % atau sekitar 28 siswa yang dinyatakan tuntas dengan capaian nilai rata – rata kelas yang meningkat menjadi 81. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 100 % atau seluruh siswa dinyatakan tuntas dengan capaian nilai rata – rata kelas yang meningkat menjadi 89,97. Hasil tersebut sudah mencapai kriteria pencapaian yaitu pada siklus I dengan kriteria 75 % dan siklus II dengan kriteria 90 %.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS 2 SMA N 1 Mojolaban.

×
Penulis Utama : Martha Lorinda
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8412046
Tahun : 2016
Judul : Kajian Safety Induction kepada Siswa PKL Sebagai Upaya Perbaikan Komunikasi K3 di Pt. Pjb Ubjom Pltu Pacitan Jawa Timur
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP Jur. Pend. Sosiologi-Antropologi - K8412046 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. M.H Sukarno, M.Pd
2. Atik Catur Budiati S.Sos, MA.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.