Penulis Utama : Desi Mulatsari
NIM / NIP : K3309025
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) kemampuan memori siswa pada materi sistem periodik unsur dengan menerapkan model pembelajaran RTE dilengkapi macromedia flash, (2) prestasi belajar siswa pada materi sistem periodik unsur dengan menerapkan model pembelajaran RTE dilengkapi macromedia flash.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X TKR 4 SMK Muhammadiyah 2 Sragen yang berjumlah 32 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Data diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, observasi, tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.
Hasil dari penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran RTE dilengkapi macromedia flash dapat meningkatkan kemampuan memori siswa kelas X TKR 4 SMK Muhammadiyah 2 Sragen pada materi sistem periodik unsur. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan memori siswa pada siklus I dan siklus II dengan persentase siklus I 46,88% dan siklus II 65,63%. (2) Penerapan model pembelajaran RTE dilengkapi macromedia flash dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X TKR 4 SMK Muhammadiyah 2 Sragen tahun ajaran 2013/2014 pada materi sistem periodik unsur. Dalam penelitian ini, prestasi belajar yang dimaksud adalah ketuntasan belajar dan prestasi afektif siswa. Pada siklus I, persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 37,5% dan pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa meningkat 87,5%. Pada aspek afektif, menunjukkan bahwa terdapat peningkatan persentase dari 62,5% pada siklus I dan 65,5% pada siklus II.

Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Rotating Trio Exchage, Macromedia Flash, Kemampuan memori, Prestasi belajar, Sistem periodik unsur

×
Penulis Utama : Desi Mulatsari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3309025
Tahun : 2016
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Rotating Trio Exchang (Rte) Menggunakan Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Memori Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Sistem Periodik Unsur (Spu) Kelas X Smk Muhammadiyah 2 Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP Jur. Pendidikan Kimia - K3309025 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Elfi Susanti VH., M.Si.
2. Dra. Bakti Mulyani, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.