Penulis Utama : Seftiyanto Putro Hutomo
NIM / NIP : D1513092
×

Indonesia merupakan negara kepabeanan dimana pemerintah mengandalkan pajak sebagai salah satu penerimaan kas negara yang berasal dari pemungutan dan partisipasi rakyat sebagai Wajib Pajak. Semakin banyak Wajib Pajak yang terdaftar maka semakin banyak juga penerimaan kas negara untuk memberikan fasilitas yang baik untuk rakyat. Dalam rangka peningkatan kinerja dan peningkatan pelayanan Direktorat Jendral Pajak (DJP) memanfaatkan teknologi yang berkembang dengan memberikan pelayanan dengan basis teknologi atau komputer. Hal tersebut merupakan salah satunya cara agar dapat terlaksananya kegiatan perpajakan secara efisien dan efektif. Direktorat jenderal Pajak untuk mempermudah Wajib Pajak dalam berpartisipasi membangun negeri. Kementerian keuangan meluncurkan Sistem Penerimaan Negara Secara Elektronik atau Sistem Modul Penerimaan Negara Generasi 2 (MPN G2). Sistem ini bertujuan agar pembayaran pajak, bea dan cukai dan PNBP dapat dilakukan tanpa batas ruang dan waktu. Peluncuran tersebut diintegrasikan berdasarkan sistem informasi manajemen yang dalam penggunaannya menggunakan computer agar lebih mudah dan membantuk proses berlangsungnya kegiatan pajak, seperti pembayaran pajak menggunakan e-billing. Program tersebut memberikan kemudahan bagi wajib pajak yang akan melakukan pembayaran pajak. Dalam penulisan tugas akhir ini mempunyai tujuan untuk mengetahui Sistem Pembayaran PPh Orang Pribadi Menggunakan e-billing system di Kantor Pelayanan Pajak ( KPP ) Pratama Surakarta.

Jenis pengamatan yang dipakai dalam penulisan tugas akhir ini yaitu deskriptif kualitatif, penulis menjabarkan situasi yang ada di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surakarta sesuai dengan situasi yang sebenarnya. Sumber data yang digunakan oleh penulis yaitu narasumber, dokumen, dan peristiwa atau aktivitas. Teknik pengumpulan datanya yaitu dengan melakukan observasi berperan aktif, wawancara, dan kajian dokumen. Analisis data yang digunakan yaitu model analisis interaktif yang berupa reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil pengamatan menunjukkan bahwa Sistem Pembayaran PPh Orang Pribadi Menggunakan e-billing system di Kantor Pelayanan Pajak ( KPP ) Pratama Surakarta dilaksanakan sesuai dengan Surat Edaran Nomor SE-11/PJ/2016 mengenai Panduan teknis sistem pembayaran pajak secara elektronik. Pembayaran ini menggunakan kode Billing, dimana kode tersebut nantinya sebagai identitas atau data setoran pajak yang akan dibayarnya di teller bank atau via ATM. Nantinya setelah melakukan transaksi pembayaran akan mendapatkan Bukti Penerimaan Negara yang sebagai SSP untuk dilaporkan ke Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surakarta.

×
Penulis Utama : Seftiyanto Putro Hutomo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1513092
Tahun : 2016
Judul : Sistem Pembayaran Pajak Penghasilan (PPH) Orang Pribadi Menggunakan E-Billing System di Kantor Pelayanan Pajak ( KPP) Pratama Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2016
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. ISIP Prog. Diploma III Manajemen Administrasi - D1513092 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hj. Lestariningsih, M.Si,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.