Penulis Utama : Sonia Noeravita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0012370
Tahun : 2016
Judul : Implikasi Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 149/Puu-Vii/2009 Tentang Ketenagalistrikan Terhadap Kebijakan Pemisahan (Unbundling) Perusahaan Gas Negara Guna Mencapai Pemenuhan Kesejahteraan Sosial.
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Hukum Jur. Ilmu Hukum - E0012370 - 2016
Subyek : UNBUNDLING
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

     Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kebijakan Pemisahaan (Unbundling) kegiatan usaha niaga dan pengankutan Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk mampu memenuhi hak konstitusional warga negara dalam hal pemenuhan kesejahteraan sosial serta kaitan dengan putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 149/PUU-VII/2009 tentang Ketenagalistrikan terhadap kebijakan tersebut.

            Penulisan hukum ini termasuk ke dalam jenis penelitian hukum normatif. Pendekatan yang digunakan penulis adalah pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konsep. Sumber hukum yang digunakan terdiri dari bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumen sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah metode silogisme yang menggunakan pola berfikir deduktif.

            Kebijakan unbundling melalui Peraturan Menteri Nomor 19 Tahun 2009 tidak mampu memenuhi kesejahteraan sosial, pasalnya prinsip dan dampak yang timbul tidak sejalan dengan penguasaan negara atas sumber daya energi yang terdapat pada Pasal 33 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, termasuk Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 149/PUU-VII/2009 Tentang Ketenagalistrikan yang menegaskan bahwa unbundling akan menghilangkan penguasaan negara, penguasaan negara akan selalu terikat dengan kesejahteraan sosial.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Hal depan_1.pdf
Bab 1_1.pdf
Bab 2_1.pdf
Bab 3_1.pdf
Bab 4_1.pdf
IMG_20160627_172146.jpg
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Isharyanto.S.H.,M.Hum
2. Maria Madalina S.H.,M.Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum