Penulis Utama : Dha’i Heliantika
NIM / NIP : K1212018
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) latar sosial pengarang novel Bulan Terbelah di Langit Amerika (selanjutnya disingkat BTDLA); (2) masalah sosial dalam novel BTDLA; (3) tanggapan pembaca novel BTDLA; (4) nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel BTDLA; dan (5) relevansi novel BTDLA sebagai materi pembelajaran sastra di Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan sosiologi sastra. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis dokumen dan wawancara. Teknik validitas data menggunakan triangulasi teori, sumber data, dan metode. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis interaktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) latar sosial pengarang novel BTDLA meliputi: latar profesi pengarang sebagai jurnalis dan dosen, latar keluarga pengarang yang religius, serta latar penciptaan novel berdasarkan pengalaman pengarang ketika mengunjungi Amerika; (2) masalah sosial pada novel BTDLA meliputi: peristiwa 9/11, Islamophobia, perpecahan keluarga dan sisi kelam dunia media; (3) tanggapan pembaca novel BTDLA meliputi: pembaca ideal dan pembaca biasa; (4) nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel BTDLA meliputi 16 nilai, yaitu: religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat/ komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab; dan (5) novel BTDLA dapat dijadikan sebagai materi pembelajaran sastra di SMA sesuai dengan Kompetensi Dasar (KD) novel di kelas XII Kurikulum 2013, yaitu mengonversi novel ke dalam bentuk lain. Novel BTDLA dapat digunakan sebagai contoh mengonversi novel ke dalam bentuk film/drama. Kemudian novel ini juga dapat digunakan sebagai materi ajar ditinjau dari aspek bahasa, psikologi, dan latar belakang budaya.


Kata kunci: sosiologi sastra, nilai pendidikan karakter, pembelajaran sastra

×
Penulis Utama : Dha’i Heliantika
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1212018
Tahun : 2016
Judul : Kajian Sosiologi Sastra Dan Nilai Pendidikan Karakter Pada Novel Bulan Terbelah Di Langit Amerika Karya Hanum Salsabiela Rais Dan Rangga Almahendra Serta Relevansinya Sebagai Materi Pembelajaran Sastra Di Sma.
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP Jur. Pendidikan Bahasa Indonesia - K1212018 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum
2. Dra. Ani Rakhmawati, M.A., Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.