Penulis Utama : Febriana Dwi Irawati
NIM / NIP : K8412031
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi masyarakat dan strategi yang di kembangkan PKBM. Penelitian ini dilaksanakan di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) “Pinilih” dengan subyek penelitian pengurus dan warga belajar PKBM Pinilih.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data berasal dari observasi, wawancara dan dokumen. Wawancara di lakukan dengan informan kunci yaitu ketua dan warga belajar PKBM serta informan pendukung adalah staff pengajar dan alumni warga belajar. Observasi berkaitan dengan partisipasi warga Desa Gumpang terhadap PKBM Pinilih. Dokumen yang di gunakan berkaitan dengan jumlah warga belajar, struktur kepengurusan, dan data staff pengajar. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan informan dengan cara purposive. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa partisipasi masyarakat Desa Gumpang dan sekitarnya diwujudkan dalam bentuk tenaga pikiran, sebagai staff pengajar, sarana prasarana, uang, dan menjadi warga belajar. Strategi yang di kembangkan PKBM Pinilih dalam mengelola lembaga sosialnya antara lain dengan cara menyelenggarakan program yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, menyediakan berbagai macam koleksi buku melalui perpustakaan PKBM, memberikan kriteria bagi calon pengelola, pengurus dan staff pengajar, dan menjalin kemitraan dengan beberapa instansi.

Kata Kunci: Pemberdayaan Masyarakat, Pusat Kegaitan Belajar Masyarakat (PKBM), Partisipasi, Strategi.

×
Penulis Utama : Febriana Dwi Irawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8412031
Tahun : 2016
Judul : Partisipasi Masyarakat Terhadap Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) “Pinilih” Dalam Rangka Pemberdayaan Di Desa Gumpang Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP Jur. Pendidikan Sosiologi Antropologi - K8412031 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Siti Rochani CH, M.Pd.
2. Atik Catur Budiati, S.Sos, M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.