Penulis Utama : Laras Ari Indriyanto
NIM / NIP : I0112087
×

ABSTRAK

Laju pertumbuhan penduduk yang sangat pesat saat ini menyebabkan kebutuhan akan tempat tinggal semakin meningkat. Rumah tinggal sederhana dengan struktur yang aman, nyaman serta biaya pembangunan yang murah dengan material bangunan yang mudah dicari mejadi idaman setiap orang khususnya masyarakat di pedesaan. Bijih besi sebagai bahan baku pembuatan tulangan baja yang dipergunakan untuk beton bertulang, merupakan salah satu material yang sulit dicari di pedesaan. Hal tersebut dapat menjadi kesulitan bagi masyarakat pedesaan untuk membuat rumah tinggal. Para ahli struktur telah meneliti kemungkinan material lain yang dapat menggantikan tulangan baja dan tentunya mudah ditemui terutama di pedesaan seperti yang dilakukan oleh Morisco (1996) yaitu dengan menggunakan bambu sebagai tulangan beton. Bambu dapat menjadi alternatif material pengganti tulangan baja untuk pembuatan beton bertulang yang murah, mudah diperoleh, dan dapat diperbarui.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai kapasitas lentur pada balok beton tulangan bambu petung vertical takikan tidak sejajar tipe u dengan lebar takikan 10 mm tiap jarak 150 mm pada kulit bamboo di sisi dalam. Bambu yang digunakan pada penelitian ini adalah bambu petung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jumlah benda uji 12 buah. Dimensi bambu yang digunakan adalah panjang 1650 mm, lebar 20 mm dan tebal 5 mm. Benda uji berbentuk balok dengan dimensi panjang 1700 mm, lebar 110 mm dan tinggi 150 mm. Enam buah balok menggunakan tulangan takikan 1 cm dan enam buah balok menggunakan tulangan baja. Mutu beton minimal 17 MPa. Uji lentur dilakukan pada umur 28 hari dengan metode two point loading.
Nilai kapasitas lentur hasil pengujian balok beton tulangan bambu dengan lebar takikan 10 mm adalah 231,6861 kgm dan 593,0806 kgm untuk hasil pengujian balok beton tulangan baja, dengan kata lain kapasitas lentur balok tulangan bambu lebar takikan 10 mm adalah 69,56 % dari kapasitas lentur balok tulangan baja.

Kata Kunci : balok beton tulangan bambu, beton tulangan bambu, kapasitas lentur, tulangan bambu

×
Penulis Utama : Laras Ari Indriyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0112087
Tahun : 2016
Judul : Kapasitas Lentur Balok Beton Tulangan Bambu Petung Vertikal Takikan Tidak Sejajar Tipe U Lebar 1 Cm Tiap Jarak 15 Cm Pada Kulit Bambu Di Sisi Dalam
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2016
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Teknik Jur. Teknik Sipil - I0112087 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Agus Setya Budi, S.T, M.T.
2. Ir. Sugiyarto, M.T
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.