Penulis Utama : Aloysius Deo Dwyan Hresikesa
NIM / NIP : D0108031
×

Kebijakan Pendidikan Gratis ini pertama kali dikeluarkan oleh Bupati pada masa pemerintahan Bambang Riyanto, SH pada tahun 2007 yakni Surat Keputusan Bupati Nomor 912/449.a/2007 pada tanggal 5 Januari 2007. Program ini diharapkan mampu meningkatkan partisipasi siswa dalam bersekolah serta meningkatkan mutu pendidikan, memenuhi hak pendidikan, dan mewujudkan program wajib belajar tingkat dasar dan menengah.

Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi implementasi dari tujuan pendidikan gratis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder. Metode penentuan informan dilakukan dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan studi dokumentasi. Validitas data dilakukan dengan triangulasi data dengan menguji data yang sejenis dari berbagai sumber. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas implementasi kebijakan pendidikan gratis di Kabupaten Sukoharjo ini telah berhasil. Tujuan yang dikemukankan pada isi kebijakan pendidikan gratis telah mampu untuk diwujudkan. Tujuan tersebut antara lain: menuntaskan program wajib belajar pendidikan dasar, membantu meringankan biaya pendidikan menengah, pemerataan memperoleh kesempatan belajar, meningkatkan manajemen pendidikan dalam rangka mewujudkan standar biaya pendidikan berbanding lurus dengan kualitas pendidikan, dan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam penyelenggaraan pendidikan. Walaupun masalah muncul pada saat pelaksanaannya, upaya-upaya untuk mengantisipasi masalah tersebut telah ditemukan. Agar tujuan dari kebijakan pendidikan gratis dapat terwujud.

Kata Kunci: Efektivitas, Implementasi, Kebijakan Pendidikan Gratis

×
Penulis Utama : Aloysius Deo Dwyan Hresikesa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0108031
Tahun : 2016
Judul : Analisis Efektivitas Implementasi Kebijakan Pendidikan Gratis di Kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2016
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Administrasi Negara-D0108031-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sri Yuliani, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.