Penulis Utama : Ahmad Husin
NIM / NIP : S501102003
×

 

Latar Belakang

Prevalensi Sirosis Hati (SH) diseluruh dunia tersering yaitu varises oesopagus dan gastropai hipertensi portal yang menyebabkan perdarahan berujung kematian. Adanya disfungsi endotel menyebabkan penurunan kadar Nitrite Okside (NO) yang mengakibatkan gastropati hipertensi portal. Simvastatin mempunyai efek pleiotrofik meningkatkan kadar NO dan memperbaiki disfungsi endotel pada pasien SH ditandai dengan perbaikan dari gastropati hipertensi portal.

Tujuan Penelitian

Untuk membuktikan pengaruh pemberian simvastatin terhadap kadar nitrit oksida dan gastropati hipertensi portal pada pasien sirosis hati.

Metode Penelitian

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan Randomized Double Blind control trial, dengan sampel 30 pasien SH, terbagi kelompok perlakuan 15 pasien (14 di beri simvastatin , 1 meninggal) dan kelompok  plasebo 15 pasien selama penelitian. Kadar NO serum ditentukan menggunakan enzyme-linked immunosorbent assay (ELISA). Alat endoscopi untuk menilai gastropati hipertensi portal serta statistik di gunakan uji beda 2 mean dan uji t dengan nilai p (< 0,05) dianggap signifikan.

Hasil Penelitian

Pemberian simvastatin secara bermakna meningkatkan kadar NO serum pada kelompok perlakuan di banding kelompok plasebo (-1,86 ± 1,56 µg/mL vs 1,00 ± 0,99µg/mL; p =0,020) dan memperbaiki gastropati hipertensi portal pada kelompok perlakuan dari berat ke sedang (41,4%), sedang ke ringan (50%), dan dari ringan ke arah normal  (21,4%) siknifikan nilai (p < 0,001**). Pada kelompok plasebo terjadi perburukan dari sedang ke berat (20,0%), ringan ke sedang (20,0%), dari normal ke ringan (33,3%) siknifikan nilai (p < 0,001**).

Kesimpulan

Simvastatin meningkatkan kadar NO serum dan memperbaiki gastropati hipertensi portal pada pasien sirosis hati.

×
Penulis Utama : Ahmad Husin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S501102003
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Simvastatin Terhadap Kadar Nitrite Oxide dan Gastropati Hipertensi Portal pada Pasien Sirosis Hepatis
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Biomedik
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana Prodi. Kedokteran Keluarga - S501102003 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. dr. HM. Bambang Purwanto, SpPD, KGH, FINASIM
2. Dr. Paulus Kusnanto, SpPD-KGEH, FINASIM
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.