Penulis Utama : Anindya Wardani
NIM / NIP : D1213009
×

Pada tanggal 9 Desember untuk pertama kalinya Indonesia mengadakan Pilkada secara serentak yang diikuti oleh 269 daerah. Dari 269 daerah tersebut Kota Semarang termasuk daerah peserta Pilkada serentak untuk memilih Walikota dan Wakil walikota periode 2016-2020. Selain baru pertama kali diadakan secara serentak Pilkada kali ini juga memiliki aturan yang berbeda dari Pilkada periode sebelumnya. KPU memberikan aturan dalam hal dibatasinya kampanye yang boleh dilakukan oleh masing-masing pasangan calon. Hal ini tentu membuat gema Pilkada dalam hal ini Pilwakot Kota Semarang menjadi berkurang dan tidak seramai seperti tahun-tahun sebelumnya. Adanya peraturan baru ini dikawatirkan akan mengurangi antusias masyarakat dalam Pilwakot Semarang serta kurangnya informasi yang dimiliki masyarakat, dan dikawatirkan akan berakibat pada sedikitnya partisipasi masyarakat dalam Pilwakot Semarang tahun 2015 ini. Media online merupakan salah satu media massa yang saat ini keberadaannya mulai banyak dimanfaatkan oleh masyarakat karena kemudahan akses dan kecepatan beritanya. Dalam masa Pilwakot Kota Semarang ini, beberapa media online di Kota Semarang yang menjadi fokus penelitian yaitu Metrosemarang, Tribunjateng, dan Beritajateng dapat dikatakan menjadi media yang dapat menjadi sarana sosialisasi dan pendidikan politik kepada masyarakat Kota Semarang melalui pemberitaan yang berkaitan dengan Pilwakot Kota Semarang Tahun 2015. Adanya pemberitaan yang rutin diberikan oleh media online tersebut tentunya dapat membantu masyarakat untuk mengetahui segala informasi yang berkaitan dengan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Semarang Tahun 2015, selain itu juga diharapkan dapat menimbulkan antusias masyarakat sehingga masyarakat bersedia untuk berpartisipasi dalam seluruh kegiatan yang berkaitan dengan Pilwakot Kota Semarang Tahun 2015.

Berdasarkan latar belakang tersebut kemudian peneliti tertarik melakukan penelitian apakah berita yang disajikan dalam media online di Kota Semarang (metrosemarang, tribunjateng dan beritajateng) dapat memberikan pengaruh dalam hal pengetahuan dan partisipasi masyarakat Kota Semarang.Pada penelitian ini kuesioner digunakan sebagai alat pengumpulan data primer sehingga penelitian ini dapat dikatakan sebagai penelitian survey dengan jenis penelitian explanatory research. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara terpaan berita Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Semarang di media online terhadap pengetahuan dan partisipasi politik pemilih dewasa awal dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Semarang 2015.


Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna media online di Kota Semarang Dan setelah dilakukan penghitungan dengan rumus M0E (Method of Eror) untuk jumlah populasi yang tidak diketahui maka dapat diperoleh sampel sebesar 96 responden, dengan kriteria terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) dalam Pilwakot Semarang 2015, dengan usia 18-40 Tahun serta pernah membaca berita Pilwakot di media online metrosemarang atau beritajateng atau tribunjateng sekurang-kurangnya 1 kali.. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS 16 for windows.

Uji hipotesis pertama untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh antara terpaan berita pilwakot di media online terhadap pengetahuan pemilih dewasa awal di Kota Semarang tentang Pilwakot Semarang 2015, hasilnya menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih besar dari t tabel (10,053> 1,661). Dengan demikian hipotesis pertama diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara terpaan berita Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Semarang di media online terhadap pengetahuan pemilih dewasa awal di Kota Semarang tentang Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Semarang 2015. Dan berdasarkan R square dapat diketahui bahwa besar pengaruhnya adalah sebesar 46 %. Sedangkan untuk uji hipotesis kedua untuk melihat ada tidaknya pengaruh terpaan berita pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Semarang terhadap Partisipasi Politik Pemilih Dewasa Awal di Kota Semarang dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Semarang 2015 didapatkan hasil bahwa nilai t hitung lebih besar dari t tabel (6,891> 1,661). Dengan demikian hipotesis kedua juga diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara terpaan berita pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Semarang di media online terhadap partisipasi politik pemilih dewasa awal di Kota Semarang dalam pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Semarang Tahun 2015. Dan berdasarkan R square dapat diketahui bahwa besar pengaruhnya adalah sebesar 38 %.

 Kata Kunci : Terpaan Berita, Pengetahuan, Partisipasi Politik

×
Penulis Utama : Anindya Wardani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1213009
Tahun : 2016
Judul : Terpaan Berita, Pengetahuan dan Partisipasi Politik (Studi Pengaruh Terpaan Berita Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Semarang di Media Online terhadap Pengetahuan dan Partisipasi Politik Pemilih Dewasa Awal di Kota Semarang dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Semarang Tahun 2015)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2016
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D1213009-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Dwi Tiyanto, SU
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.