Penulis Utama : Arinto Agustian Sidabutar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0012059
Tahun : 2016
Judul : Pertimbangan Mahkamah Agung Memutus Permohonan Kasasi Penuntut Umum Berdasarkan Alasan Judex Factie Keliru Menafsirkan Kerugian Negara dalam Perkara Korupsi (Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor : 1022 K/Pid.Sus/2014 )
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Hukum Jur. Ilmu Hukum - E0012059 - 2016
Subyek : KASASI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengajuan Kasasi Penuntut Umum dengan alasan Judex Factie keliru menafsirkan kerugian negara dalam perkara korupsi sudah sesuai dengan ketentuan Pasal 253 KUHAP dan apakah argumentasi hukum Hakim Mahkamah Agung dalam mengabulkan Permohonan Kasasi Penuntut Umum dengan alasan Judex Factie keliru menafsirkan kerugian negara dalam perkara korupsi sudah sesuai dengan ketentuan Pasal 256 KUHAP.

Penelitian ini adalah penelitian hukum normatif bersifat preskriptif dengan pendekatan kasus. Penelitian ini menggunakan jenis dan sumber bahan hukum yang terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan. Teknik analisis bahan hukum menggunakan metode silogisme yang menggunakan pola pikir deduktif.

Berdasarkan penelitan yang penulis lakukan maka diperoleh hasil bahwa terkait dengan pengajuan Kasasi Penuntut Umum dengan alasan Judex Factie keliru menafsirkan kerugian negara dalam perkara korupsi adalah telah sesuai dengan ketentuan Pasal 253 ayat (1) huruf a KUHAP. Dalam perkara ini Judex Factie telah salah dalam menerapkan hukum atau tidak menerapkan hukum sebagaimana mestinya dengan mengabaikan fakta-fakta yang terungkap di persidangan sehingga keliru dalam menafsirkan kerugian Negara. Sedangkan terkait dengan argumentasi hukum Hakim Mahkamah Agung dalam mengabulkan Permohonan Kasasi Penuntut Umum dengan alasan Factie keliru menafsirkan kerugian negara dalam perkara korupsi telah sesuai dengan ketentuan yang terdapat dalam Pasal 256 KUHAP.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Hal awal_1.pdf
Bab 1_1.pdf
Bab 2_1.pdf
Bab 3_1.pdf
Bab 4_1.pdf
IMG_20160806_134941.jpg
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Edy Herdyanto, S.H., M.H.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum