Penulis Utama : Triani Ning Astutik
NIM / NIP : S851408042
×

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan: (1) manakah di antara model TPS-CM, TPS dan pembelajaran langsung yang memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik; (2) manakah di antara kategori sikap percaya diri tinggi, sedang dan rendah yang memiliki prestasi belajar matematika yang lebih baik; (3) pada masing-masing kategori sikap percaya diri, manakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik antara model TPS-CM, TPS dan pembelajaran langsung; (4) pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang memiliki prestasi belajar matematika lebih baik antara sikap percaya diri tinggi, sedang dan rendah.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan populasi siswa kelas VII SMP Negeri  se-Kabupaten Magetan tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik stratified cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, angket dan tes. Metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan awal dan digunakan untuk uji keseimbangan antara kelas TPS-CM, TPS dan pembelajaran langsung dengan menggunakan uji ANAVA satu jalan. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data sikap percaya diri siswa, sedangkan metode tes digunakan untuk mengumpulkan data prestasi belajar matematika siswa pada materi aritmatika sosial. Sebelum digunakan untuk pengumpulan data, instrumen penelitian telah divalidasi dan diujicobakan terlebih dahulu. Pada instrumen tes prestasi belajar dilakukan perhitungan daya beda, tingkat kesukaran, dan uji reliabilitas sedangkan pada instrumen sikap percaya diri dilakukan perhitungan konsistensi internal dan uji reliabilitas. Uji reliabilitas instrumen tes prestasi belajar menggunakan rumus KR-20. Uji reliabilitas instrumen angket sikap percaya diri menggunakan rumus Cronbach Alpha. Uji prasyarat meliputi uji normalitas menggunakan metode uji Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan metode Bartlett. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANAVA dua jalan dengan sel tak sama.

Hasil penelitian ini adalah: (1) siswa yang dikenai model TPS-CM memperoleh prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa yang dikenai model TPS dan pembelajaran langsung,  siswa yang dikenai model TPS memperoleh prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa yang dikenai pembelajaran langsung; (2) prestasi belajar matematika siswa dengan sikap percaya diri tinggi lebih baik daripada siswa dengan sikap percaya diri sedang dan rendah, prestasi belajar matematika siswa dengan sikap percaya diri sedang lebih baik daripada siswa dengan sikap percaya diri rendah; (3) pada sikap percaya diri tinggi, siswa yang dikenai model TPS-CM dan TPS memperoleh prestasi belajar yang sama baik namun  kedua model pembelajaran menghasilkan prestasi belajar lebih baik daripada model pembelajaran langsung; pada sikap percaya diri sedang, siswa yang dikenai model pembelajaran TPS-CM dan TPS menghasilkan prestasi belajar yang sama baik namun  kedua model menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik daripada model pembelajaran langsung; pada sikap percaya diri rendah, model pembelajaran TPS-CM, TPS, dan pembelajaran langsung menghasilkan prestasi belajar yang sama; (4) pada model TPS-CM, siswa dengan sikap percaya diri tinggi memperoleh prestasi yang lebih baik daripada sikap percaya diri sedang dan rendah, sementara siswa dengan sikap sikap percaya diri sedang mempunyai prestasi belajar yang sama baik dengan sikap percaya diri rendah; pada model pembelajaran TPS, sikap percaya diri tinggi mempunyai prestasi yang sama baik  dengan sikap percaya diri sedang namun kedua sikap percaya diri mempunyai prestasi yang lebih baik daripada sikap percaya diri rendah; pada model pembelajaran langsung, sikap percaya diri tinggi mempunyai prestasi belajar yang sama dengan sikap percaya diri sedang dan rendah.

Kata Kunci: TPS-CM, TPS, Pembelajaran Langsung, Sikap Percaya Diri, Prestasi Belajar Matematika

 

×
Penulis Utama : Triani Ning Astutik
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851408042
Tahun : 2016
Judul : Eksperimentasi Model Think Pair Share dengan Concept Mapping (TPS-CM) dan Model Think Pair Share (TPS) pada Materi Aritmatika Sosial Ditinjau dari Sikap Percaya Diri Siswa Kelas VII SMP Negeri Se- Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi. Pendidikan Matematika-S851408042-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. Tri Atmojo K., M.Sc., Ph.D
2. Dr. Imam Sujadi, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.