Penulis Utama : Nunik Astria
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R1115069
Tahun : 2016
Judul : Faktor-Faktor Penyebab Perilaku Seks Pranikah pada Remaja di Kabupaten Tegal
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Kedokteran Prog. Diploma IV Bidan Pendidik - R1115069 - 2016
Subyek : : SEKS PRANIKAH
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Latar Belakang: Perilaku seks pranikah di Kabupaten Tegal sudah banyak terjadi, hal ini didasarkan atas penemuan kasus-kasus tertangkapnya remaja yang sedang berbuat mesum. Selain itu, pada bulan Desember 2015 terjadi kasus remaja putri di Kabupaten Tegal yang berani mengaborsi kandungannya dengan cara minum jamu pelancar datang bulan dengan maksud menutupi aib karena hamil di luar nikah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor penyebab perilaku seks pranikah pada remaja di Kabupaten Tegal.

 

Metode: Desain penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik sampel dalam penelitian ini adalah snowball sampling dengan jumlah responden 4 remaja yang sedang/ pernah menjalani perilaku seks pranikah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam.

 

Hasil: Penelitian ini menunjukkan bahwa kejadian seks pranikah di Kabupaten Tegal terjadi pada remaja usia 18-21 tahunkarena adanya arus informasi yang semakin bebas. Faktor internal yang menyebabkan perilaku seks pranikah  antara lain, lemahnya kontrol diri remaja terhadap perubahan hormonal, sikap mendukung terhadap perilaku seks pranikah, kurangnya pemahaman tingkat agama, pemanfaatan waktu yang kurang bermanfaat dan adanya kebiasaan minum-minuman keras. Sedangkan faktor eksternal yang menyebabkan perilaku seks pranikah antara lain adanya peran teman sebaya, media pornografi dan adanya situasi/kondisi yang mendukung perilaku seks pranikah.

 

Simpulan: Kejadian seks pranikah di Kabupaten Tegal terjadi pada remaja usia 18-21 tahun dan ada 2 faktor yang menyebabkan perilaku seks pranikah pada remaja di kabupaten Tegal yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Hal depan.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
IMG_20160806_135015.jpg
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ika Sumiyarsi, S.SiT., M.Kes
2. Mujahidatul Musfiroh, S.Kep, Ns, M.Si.Med
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran