Penulis Utama : Uli Arta Harnanda Simangunsong
NIM / NIP : F0110125
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai kinerja pajak reklame di Kota Surakarta.Penelitian ini menggunakan jenis data sekunder dari berbagai sumber dengan cara mengambil data-data statistik yang telah ada serta dokumen-dokumen terkait yang diperlukan.Analisis kontribusi, analisis efektifitas, analisis elastisitas dan matriks kinerja digunakan untuk membuktikan hipotesis penelitian.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan uji t dan uji min. Hasil pengujian tersebut menunjukan bahwa kontribusi pajak reklame terhadap pajak daerah terbukti signifikan, sedangkan kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbukti tidak signifikan. Dari segi efektifitas, pajak reklame sudah terbukti efektif dengan memberikan rata-rata sebesar 98,77 %. Kemudian dalam elastisitas pajak reklame terhadap pajak daerah dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbukti inelastis. Dan dalam matriks kinerja dapat dilihat kategori berkembang hanya sebanyak 3 kali dan sisanya termasuk dalam kategori terbelakang. Dari hal tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa potensi pajak reklame masuk dalam kategori terbelakang.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja pajak reklame di Kota Surakarta sudah tergolong baik tapi masih belum optimal. Hal tersbut dapat di atasi dengan intensifikasi pajak reklame, pendataan ulang terhadap wajib pajak dan objek pajak, memberikan reward atau hadiah kepada wajib pajak yang telah membayar pajak tepat waktu, dan memberikan diskon pada momen tertentu dalam pemasangan reklame. Dengan solusi-solusi tersebut diharapkan dapat menciptakan suasana atau iklim yang merangsang dan meningkatkan pemasangan reklame di Kota Surakarta.


Kata Kunci : Pajak Reklame, Pajak Daerah,PAD.

×
Penulis Utama : Uli Arta Harnanda Simangunsong
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0110125
Tahun : 2016
Judul : Analisis Potensi Dan Kinerja Pajak Reklame Di Kota Surakarta Tahun 2004-2013
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2016
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Ekonomi dan Bisnis Jur. Ekonomi Pembangunan - F0110125 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sumardi, S.E, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.