Penulis Utama : Nyco Maulana Wicaksono
NIM / NIP : I1114066
×

Penelitian ini dilakukan di lereng Bukit Ganoman, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganayar. Hasil pengujian tanah dan variasi geometri lereng digunakan untuk analisis stabilitas lereng dengan menggunakan Software Geo Slope. Analisis statistik dengan konsep interval kepercayaan digunakan untuk mendapatkan nilai Safety Factor (SF) pada setiap tingkat keyakinan. Dalam pembuatan peta, digunakan data ASTER GDEM Kabupaten Karanganyar, yang dibuat menjadi peta kontur menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG). Nilai SF dari hasil analisis statistik diplotkan ke dalam peta kemiringan lereng, sehingga hasilnya berupa peta SF.

 

Hasil pemetaan Safety Factor (SF) menunjukkan bahwa, semakin tinggi tingkat keyakinannya semakin kecil nilai SF. Sebaliknya, ketika semakin rendah tingkat keyakinannya maka semakin besar nilai SF. Pada klasterisasi resiko longsor, klaster yang dibentuk oleh tingkat keyakinan 95%, 90%, 85%, dan 80% tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan.

Kata kunci: Lereng, Safety Factor, Tingkat Keyakinan, Peta

 

 

 

 

×
Penulis Utama : Nyco Maulana Wicaksono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I1114066
Tahun : 2016
Judul : Pemanfaatan Data Digital Elevation Model (DEM) Untuk Pemetaan Angka Keamanan Berdasarkan Resiko Longsor Dari Tinjauan Geoteknik
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2016
Program Studi : S-1 Teknik Sipil Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Teknik Jur. Teknik Sipil - I1114066 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. R. Harya Dananjaya H. I. ST, M.Eng.
2. Dr. Niken Silmi Surjandari, ST. MT.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.