Penulis Utama : Karindra Wegig Wicaksono
NIM / NIP : F3213032
×

Kegiatan pemasaran merupakan hal yang penting bagi perusahaan, dimana dalam kegiatan pemasaran salah satunya mencakup kegiatan distribusi. Ada dua cara saluran distribusi yaitu distribusi langsung dan tidak langsung. Saluran distribusi langsung berarti menyalurkan langsung kepada konsumen akhir. Sedangkan saluran distribusi tidak langsung dalam penyaluran produk menggunakan perantara berupa pedagang besar dan eceran.

            PT. Usaha Dagang Sumber Rejeki merupakan anak perusahaan dari PT. Sriboga Ratu Raya yang bergerak dibidang distribusi pangan yaitu tepung. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui saluran distribusi yang digunakan dan efisiensi saluran distribusi baik saluran distribusi langsung maupun saluran distribusi tidak langsung.

            Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi pustaka. Teknik pembahasan yang digunakan deskriptif dan menggunakan rumus penelitian efisiensi yang akan membandingkan antara biaya distribusi dan volume penjualan dalam bentuk persentase, dengan data yang diperoleh dari perusahaan berupa biaya distribusi dan volume penjualan baik dari distribusi langsung maupun tidak langsung pada tahun 2013-2015.

            Hasil penelitian menunjukan persentase tingkat efisiensi yang baik dari saluran distribusi langsung dan saluran distribusi tidak langsung dari tahun 2013-2015. Dengan rata-rata yang diperoleh saluran distribusi langsung sebesar 1,87% dan rata-rata yang diperoleh saluran distribusi tidak langsung sebesar 2,40%. Dengan hasil tersebut PT.USAHA DAGANG SUMBER REJEKI disarankan menggunakan saluran distribusi langsung karena lebih efisien

Kata Kunci : Saluran Distribusi

×
Penulis Utama : Karindra Wegig Wicaksono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3213032
Tahun : 2016
Judul : Evaluasi Penerapan Saluran Distribusi pada Pt. Usaha Dagang Sumber Rejeki Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2016
Program Studi : D-3 Manajemen Pemasaran
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Ekonomi dan Bisnis Prog. Diploma III Manajemen Pemasaran - F3213032 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Djoko Purwanto, MBA.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.