Penulis Utama : Willie Susuki
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A131408022
Tahun : 2016
Judul : Analyzing Feasibility Of Waste To Energy Technologies Using Life Cycle Assessment Method Based On Waste Stream Composition In Surakarta City
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana Prodi. Ilmu Lingkungan - A131408022 - 2016
Subyek : SAMPAH MENJADI ENERGI
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengevaluasi kondisi komposisi sampah di Kota Surakarta. Berdasarkan hasil penelitian terhadap komposisi sampah, yang dapat dimanfaatkan sebagai teknologi yang dapat menghasilkan energi yang layak di Kota Surakarta menggunakan penilaian siklus hidup. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Di Tempat Pemrosesan Akhir, pengukuran berat sampah, pemilahan sampah menjadi kategori yang berbeda kemudian dicatat. Analisis proksimat dilakukan di laboratorium untuk menentukan kadar air, kadar zat terbang, kadar abu, kadar karbon tetap dan nilai kalor dari sampel yang dipilih dari sampah kota. Akhirnya, metode penilaian siklus hidup digunakan sebagai alat analisis untuk menilai kelayakan sampah yang sesuai untuk teknologi yang menghasilkan energi berdasarkan hasil kuantitas sampah dan studi komposisi dilakukan di Kota Surakarta.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari sampel sampah kota dikumpulkan, 11 jenis sampah yang diidentifikasi termasuk sisa makanan, plastik, limbah kayu, kertas, daun, sayuran, logam, sampah pekarangan, tekstil, karet dan lain-lain. Beberapa sampel yang telah teridentifikasi diantaranya adalah dedaunan sebanyak 21,96%, sisa makanan sebanyak 18,35%, sayuran sebanyak 16,08%, kertas sebanyak 11,07%, plastik sebanyak 10,92% dan komposisi jenis sampah lainnya. Secara umum, sampah di Kota Surakarta sebagian besar terdiri dari 67% komponen organik dari limbah sementara komponen anorganik dari limbah membuat lagi 33%. Hasil analisis proksimat menunjukkan bahwa sampah organik memiliki kadar air yang tinggi dari 81,67% dibandingkan dengan sampah anorganik dengan 25,8%. Rata-rata, sampel dari sampah kota memiliki kadar volatil yang tinggi 35%, kadar abu 6,3% dan kandungan karbon tetap 5,5%. Hasil keseluruhan dari nilai kalori dan ditemukan 15.770 MJ/kg. Pada kasus ini, komposisi anorganik dari sampah memiliki nilai kalori yang tinggi pada umumnya dibandingkan dengan limbah organik.
Berdasarkan kondisi komposisi limbah yang teridentifikasi, saat melakukan penilaian siklus hidup, teknologi insinerasi menjadi pilihan yang paling layak pada pilihan teknologi penghasil energi.


Kata Kunci : komposisi sampah, sampah menjadi energi, penilaian siklus hidup

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Doc1.pdf
Cover.pdf
Bab I.pdf
Bab II.pdf
Bab III.pdf
Bab IV.pdf
Bab V.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ir. Mth. Sri Budiastuti, M.Sc
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana