Penulis Utama : Diah Wahyuningsih
NIM / NIP : G0112032
×

 Bullying di sekolah merupakan masalah serius yang berdampak negatif pada perkembangan sosioemosional siswa. Bullying adalah perilaku agresif yang dilakukan secara sengaja, berulang kali, dan terdapat ketidakseimbangan kekuatan antara pelaku dan korban. Bullying dapat berbentuk fisik, verbal, dan psikologis. Bullying dipengaruhi oleh berbagai variabel, diantaranya yaitu secure attachment dengan orang tua dan kontrol diri.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara secure attachment dengan orang tua dan kontrol diri terhadap bullying, hubungan antara secure attachment dengan orang tua terhadap bullying, dan hubungan antara kontrol diri terhadap bullying pada siswa SMA Negeri 8 Surakarta.

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI SMA Negeri 8 Surakarta. Sampel penelitian berjumlah 146 siswa yang diambil dengan teknik stratified cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala bullying, skala secure attachment dengan orang tua, dan skala kontrol diri.

Hasil analisis regresi berganda menunjukkan nilai Fhitung sebesar 16,112 (> Ftabel 3,06) dengan p = 0,000 (p < 0,05). Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara secure attachment dengan orang tua dan kontrol diri terhadap bullying. Secara parsial, terdapat hubungan yang signifikan antara secure attachment dengan orang tua terhadap bullying (rx1y = -0,182; p = 0,029 < 0,05), serta terdapat hubungan yang signifikan antara kontrol diri terhadap bullying (rx2y = -0,320; p = 0,000 < 0,05). Nilai R2 sebesar 0,184 artinya secure attachment dengan orang tua dan kontrol diri secara bersama-sama memberi sumbangan efektif sebesar 18,4% terhadap bullying.

 

Kata kunci: bullying, secure attachment dengan orang tua, kontrol diri

×
Penulis Utama : Diah Wahyuningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0112032
Tahun : 2016
Judul : Bullying Ditinjau Dari Secure Attachment dengan Orang Tua dan Kontrol Diri pada Siswa SMA Negeri 8 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2016
Program Studi : S-1 Psikologi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Kedokteran Jur. Psikologi - G0112032 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nugraha Arif Karyanta, S.Psi., M.Psi., Psikolog
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.