Penulis Utama : Arum An Nisa Putri
NIM / NIP : K7112035
×

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikanpenerapan langkah-langkah pendekatan saintifik dengan media video dalam peningkatan keterampilan menulis puisi di kelas V SD Negeri Kembaran tahun ajaran 2015/2016, (2) meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa melalui penerapan pendekatan saintifik dengan media video di kelas V SD Negeri Kembaran tahun ajaran 2015/2016, dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi dalam penerapan pendekatan saintifik dengan media video dalam peningkatan keterampilan menulis puisi di kelas V SD Negeri Kembaran tahun ajaran 2015/2016.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kembaran  tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 23 siswa terdiri dari 8 laki-laki dan 15 perempuan.Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik tes untuk data peningkatan keterampilan menulis puisi dan teknik nontes yang terdiri dari pengamatan dan wawancara untuk data penerapan pendekatan saintifik dengan media video. Analisis data melalui tiga aktivitas yakni: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. Pertama, penerapan pendekatan saintifik dengan media video dalam peningkatan keterampilan menulis puisi di di kelas V SD Negeri Kembaran tahun ajaran 2015/2016 dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) mengamati video, (b) menanya berdasarkan video, (c) mengumpulkan informasi berdasarkan video, (d) menalar, dan (e) mengkomunikasikan. Kedua,penerapan pendekatan saintifik dengan media video dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi di kelas V SD Negeri Kembaran tahun ajaran 2015/2016. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan keterampilan menulis puisi pada setiap siklusnya. Keterampilan menulis puisi yang diketahui berdasarkan ketuntasan hasil evaluasi pada siklus I sebesar 56,5% kemudian siklus II meningkat menjadi 71,5% hingga pada siklus III meningkat kembali menjadi 91,5%. Ketiga, kendala yang dihadapi dalam penerapan pendekatan saintifik dengan media video adalah siswa kurang percaya diri untuk bertanya. Adapun solusi dari kendala tersebut yaitu guru meningkatkan keterampilan memotivasi siswa.

Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan saintifik dengan media video dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi di kelas V SD Negeri Kembaran tahun ajaran 2015/2016.

 

Kata Kunci: pendekatan saintifik, video, menulis puisi

×
Penulis Utama : Arum An Nisa Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7112035
Tahun : 2016
Judul : Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Media Video dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas V SD Negeri Kembaran Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP Jur. PGSD - K7112035 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Suhartono, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.