Penulis Utama : Widya Wira Utami S.
NIM / NIP : G0011209
×

Latar Belakang : Banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya penimbunan lemak pada wanita, salah satunya disebabkan oleh kelebihan asupan makanan dibanding energi yang digunakan. Penimbunan lemak pada wanita cenderung berada di sekitar abdomen sehingga dapat menyebabkan berbagai risiko penyakit, seperti diabetes dan penyakit kardiovaskuler karena lemak pada perut merupakan lemak visceral atau lemak yang tersimpan jauh di dalam rongga perut. Masih ada perbedaan hasil efek senam aerobik terhadap presentase lemak tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan ketebalan lemak abdominal sebelum dan sesudah senam aerobik high impact pada wanita di sanggar senam bengawan sport.

Metode : Penelitian ini bersifat observasional analitik dengan rancangan pre test and post test without control design pada wanita usia 16 – 51 tahun di sanggar senam Bengawan Sport pada bulan November - Desember 2014.  Intervensi berupa senam aerobik high impact dengan frekuensi 3 kali setiap minggu dengan durasi 60 menit selama 4 minggu. Pengambilan data awal pada 20 November 2014 dan data akhir pada 20 Desember 2014 berupa data ketebalan lemak abdominal pada wanita kemudian dilakukan analisa data dengan uji t berpasangan.

Hasil : Lima puluh satu subjek menyelesaikan penelitian dan didapatkan hasil uji t berpasangan diperoleh nilai p = 0,001, sehingga ada perbedaan rata-rata antara ketebalan lemak abdominal sebelum dan sesudah senam aerobik high impact.

Simpulan : Terdapat perbedaan ketebalan lemak abdominal sebelum dan sesudah senam aerobik high impact pada wanita di sanggar senam bengawan sport.

 

 

Kata kunci : ketebalan lemak abdominal, senam aerobic, high impact.

×
Penulis Utama : Widya Wira Utami S.
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0011209
Tahun : 2016
Judul : Perbedaan Ketebalan Lemak Abdominal Sebelum dan Sesudah Senam Aerobik High Impact pada Wanita di Sanggar Senam Bengawan Sport
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak, Kedokteran Prodi. - - G0011209 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Widardo, Drs, M.Sc
2. Balgis, dr., M.Sc, CM. FM
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.