Penulis Utama : Sadar Rahmanto
NIM / NIP : S351308052
×

ABSTRAK

 

Sadar Rahmanto, S 351308052. 2016. “Pelaksanaan Eksekusi Hak Tanggungan Melalui Penjualan Di Bawah Tangan Berdasarkan Prinsip Keadilan (Studi Kasus di Bank Perkreditan Rakyat Surya Utama Sukoharjo)”. Tesis : Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Tesis ini bertujuan untuk mengetahui pilihan dari debitor dan kreditor dalam pelaksanaan eksekusi Hak Tanggungan melalui penjualan dibawah tangan berdasarkan prinsip keadilan sertauntuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi oleh pihak debitor maupun kreditor. Penelitian ini termasuk penelitian Deskriptif Kualitatif. Konsep hukum yang dipergunakan adalah konsep hukum yang kelima, yaitu hukum yang ada dalam benak manusia, manifestasi dari makna-makna simbolik para perilaku sosial sebagai tampak dalam interaksi mereka. Bentuk penelitian yang digunakan adalah diagnostik. Pengumpulan data ini dengan wawancara mendalam (indepth interview) dan studi kepustakaan guna mendapatkan data primer dan sekunder. Analisis data ini menggunakan analisis kualitatif dengan model interaktif yaitu model analisis data yang dilaksanakan dengan menggunakan 3 (tiga) tahap atau komponen berupa reduksi data, sajian data serta penarikan kesimpulan atau verifikasi dalam suatu proses siklus antara tahap-tahap tersebut sehingga data yang terkumpul akan berhubungan satu dengan yang lain secara otomatis.

Hasil kajian dapat disimpulkan bahwa eksekusi di bawah tangan melalui penjualan dibawah tangan lebih menguntungkan dan hemat biaya, dengan kesepakatan secara musyawarah antara pemberi dan pemegang Hak Tanggungan, penjualan objek Hak Tanggungan dapat dilaksanakan dengan harapan akan diperoleh harga tertinggi yang menguntungkan semua pihak yang pada intinya hasil dari penjualan objek Hak Tanggungan dapat menutup kewajiban pihak debitor kepada bank. Bank sendiri memiliki kepentingan agar hasil penjualan terhadap agunan tersebut cukup jumlahnya untuk membayar seluruh jumlahnya untuk membayar seluruh jumlah kredit yang terutang. Sehingga dapat mewujudkan keadilan bagi kreditor dan debitor. Beberapa kendala yang terjadi dapat diantisipasi dengan tindakan pencegahan dimulai dari awal pengajuan kredit hingga pemberian pendampingan dan konsultasi apabila debitor mengalami kesulitan dalam penyelesaian hutang.

 

Kata Kunci : Eksekusi Hak Tanggungan, Penjualan Di bawah Tangan, Prinsip Keadilan

×
Penulis Utama : Sadar Rahmanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S351308052
Tahun : 2016
Judul : Pelaksanaan Eksekusi Hak Tanggungan Melalui Penjualan di Bawah Tangan Berdasarkan Prinsip Keadilan (Studi Kasus di Bank Perkreditan Rakyat Surya Utama Sukoharjo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Kenotariatan
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana Prodi. Kenotariatan - S351308052 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. M Najib Imanullah, SH.,MH.,Ph.D
2. Purwono Sungkowo R, SH.,MH.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.