Penulis Utama : Nur Fitri Hariyanti
NIM / NIP : K1512042
×

ABSTRAK

Nur Fitri Hariyanti. PENGARUH VARIASI BENTUK POTONGAN LIMBAH BANNER TERHADAP KELECAKAN DAN KUAT LENTUR BETON SERAT BANNER. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan  Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2016.

Tujuan penelitian adalah, (1) mengetahui pengaruh variasi persentase dan bentuk potongan banner terhadap nilai slump, (2) mengetahui pengaruh variasi persentase dan bentuk potongan banner terhadap kuat lentur beton, (3) mengetahui nilai optimum variasi persentase bentuk potongan banner dalam pengujian kuat lentur beton.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi. Variabel yang mempengaruhi dalam penelitian adalah (1) variabel terikat: nilai slump dan kuat lentur beton, (2) variabel bebas: penambahan banner dengan bentuk potongan persegi, segitiga dan persegi panjang, serta penambahan variasi persentase potongan banner pada masing-masing bentuk adalah 0,25%, 0,5%, 0,75%, dan 1% terhadap berat benda uji.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa, (1) variasi penambahan potongan banner berpengaruh sangat kuat terhadap nilai slump dengan nilai R 0,942, pengaruh ini bersifat negatif sehingga nilai slump beton menurun seiring penambahan potongan banner, (2) variasi penambahan potongan banner berpengaruh sedang terhadap kuat lentur dengan nilai R 0,555, pengaruh ini bersifat negatif sehingga kuat lentur beton menurun jika dibandingkan dengan penambahan banner 0%, (3) nilai optimum penambahan banner terdapat pada penambahan 0,25% dengan bentuk potongan persegi dengan kuat lentur rata-rata yang dihasilkan yaitu sebesar 5,29 MPa.

Kata kunci: beton, banner, nilai slump, kelecakan, kuat lentur

×
Penulis Utama : Nur Fitri Hariyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1512042
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Variasi Bentuk Potongan Limbah Banner Terhadap Kelecakan dan Kuat Lentur Beton Serat Banner
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIPJur. Pend, Teknik Bangunan - K1512042 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Anis Rahmawati, S.T., M.T.,
2. Ida Nugroho Saputro, S.T., M.Eng.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.