Penulis Utama : Novel Idris Abas
NIM / NIP : S411408033
×

ABSTRAK

PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL PADA KINERJA DAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) YANG DIMEDIASI OLEH WORK ENGAGEMENT

(Studi Pada Karyawan PT. Kimia Farma, Tbk 

Wilayah Solo Raya dan Madiun Raya)

 

NOVEL IDRIS ABAS

S411408033

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja karyawan yang ada di PT. Kimia Farma, Tbk Wilayah Solo Raya dan Madiun Raya. Diketahui bahwa ada perpindahan manajer wilayah yang begitu cepat sehingga tidak ada kesempatan bagi perusahaan untuk melakukan evaluasi kinerja karyawan. Evaluasi kinerja karyawan difokuskan pada kinerja secara in-role (kinerja tugas) dan extra-role (Organizational Citizenship Behavior), selain itu juga diprediksi bahwa work engagement berperan dalam terciptanya kualitas kinerja karyawan.

Populasi dalam penelitian ini sebesar 130 orang responden. Variabel yang digunakan adalah kepemimpinan transformasional, work engagement, kinerja, dan Organizational Citizenship Behavior (OCB). Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang berisi pernyataan yang terkait pada variabel independen, mediasi, dan dependen. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier dengan metode mediasi Baron Kenny.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional dan work engagement berpengaruh signifikan pada kinerja dan OCB. Hasil lain juga menunjukkan bahwa work engagement memediasi secara parsial kepemimpinan transformasional pada kinerja dan OCB. Mediasi parsial memiliki dua arti. Arti pertama adalah ketika pemimpin memimpin karyawan dengan cara transformasional, maka karyawan akan meningkatkan kinerjanya. Arti kedua adalah ketika pemimpin mampu memimpin karyawan dengan cara kepemimpinan transformasional maka memunculkan work engagement pada karyawan sehingga kinerja dan OCB karyawan menjadi lebih baik. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pemimpin cukup memegang peran penting dalam meningkatkan kinerja karyawan, sehingga diharapkan pemimpin mengetahui, memahami, dan menguasai faktor – faktor yang mampu meningkatkan kinerja dan OCB seperti bagaimana memotivasi, menginspirasi, dan memperhatikan karyawan, serta bagaimana menstimulus karyawan agar giat dan cinta pada pekerjaannya.

 

Kata kunci: Kepemimpinan Transformasional, Work Engagement, Kinerja, Organizational Citizenship Behavior (OCB)

×
Penulis Utama : Novel Idris Abas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S411408033
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Kepemimpinan Transformasional pada Kinerja dan Organizational Citizenship Behavior (Ocb) Yang Dimediasi Oleh Work Engagement (Studi Pada Karyawan PT. Kimia Farma, Tbk Wilayah Solo Raya dan Madiun Raya)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Manajemen
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana Prodi. Manajemen - S411408033 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Hunik Sri Runing Sawitri, M.Si.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.