Penulis Utama : Candra Cahyadi
NIM / NIP : K8112016
×

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara konsentrasi belajar dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an pada anak kelompok B di PAUD PALMA, Banjarsari, Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif nonexperimental, dan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan teknik sampling jenuh. Hal ini dikarenakan jumlah anak yang berada dalam populasi hanya berjumlah 21. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan menghafal Al-Qur’an dan observasi terstruktur dengan menggunakan check list behavior konsentrasi belajar. Dari uji hipotsis koefisien korelasi didapatkan nilai rhitung 0,414.

Hasil analisa menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kemampuan menghafal Al-Qur’an dengan konsentrasi belajar karena besaran koefisien korelasi tidak sama dengan ( ≠ ) 0. Oleh karena itu hipotesis pada penelitian ini terbukti bahwa “Ada Hubungan Antara Konsentrasi Belajar dengan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an pada Anak Kelompok B di PAUD PALMA, Banjarsari, Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016”. Selain itu, arah korelasi juga menunjukan arah positif (+), sehingga dapat diartikan semakin tinggi variabel X akan diikuti pula kenaikan variabel Y, begitupun sebaliknya.

 

Kata kunci : konsentrasi belajar, kemampuan menghafal Al-Qur’an, Al-Qur’an

×
Penulis Utama : Candra Cahyadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8112016
Tahun : 2016
Judul : Hubungan Antara Konsentrasi Belajar dengan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an pada Anak Kelompok B di Paud Palma Banjarsari Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP Jur. PGSD - K8112016 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Djaelani, M.Pd.,
2. Ruli Hafidah, S.Pd.,M.Hum.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.