Penulis Utama : Maria Ulfah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Tinjauan perilaku kolom tampak persegi dengan lubang akibat pembangunan eksentris
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik UNS - 2004
Kolasi : 85 hal.
Sumber : UNS-Fak. Teknik NIM.I0100110-2004
Subyek : FONDASI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Kolom merupakan elemen struktur yang menerima beban aksial. Namun pada kenyataannya kolom juga menerima momen lentur. Sehingga kolom harus dirancang dengan beban aksial dan diberi eksentrisitas minimum sebesar 10% dari penampang kolom. Meskipun dalam perencanaan, kemampuan kapasitas kolom sudah diprediksi untuk menerima beban lebih (faktor pembebanan , tidak menutup kemungkinan suatu struktur menerima beban yang berlebihan, terutama untuk kasus pemasangan saluran drainase yang terbuat dari pralon yang tertanam pada kolom tanpa memperhatikan pengaruh kekuatan kolom tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar nilai penurunan daktilitas dan kekakuan kolom tampang persegi dengan lubang maupun tanpa lubang akibat pembebanan eksentris.

Penelitian bersifat eksperimental laboratorium dengan menggunakan 6 buah benda uji kolom tampang persegi, 3 berupa kolom normal dan lainnya berupa kolom dengan lubang. Data-data yang diamati antara lain berupa kuat tekan, lendutan dan pola retak kolom. Untuk selanjutnya nilai-nilai tersebut dianalisis untuk menghitung daktilitas dan kekakuan kolom pada kedua jenis benda uji kolom, kemudian dilakukan perbandingan untuk mendapatkan penurunan nilai daktilitas dan nilai kekakuan kolom lubang terhadap kolom normal.

Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pada analisis penghitungan daktilitas saat terjadi keruntuhan, nilai rata-rata daktilitas pada kolom normal sebesar 1,3131 sedangkan kolom dengan lubang diameter 2 inch nilai rata-rata daktilitasnya sebesar 1,2225 yang berarti mengalami penurunan sebesar 7,406% terhadap kolom normal. Sedangkan pada analisis perhitungan daktilitas saat 85% dari beban maksimum diperoleh nilai rata-rata daktilitas kolom normal sebesar 1,2677 sedangkan pada kolom dengan lubang diameter 2 inch nilai rata-rata daktilitasnya sebesar 1,1932, yang berarti mengalami penurunan sebesar 6,23628% terhadap kolom normal. Untuk analisis perhitungan kekakuan saat leleh, nilai rata-rata kekakuan pada kolom normal sebesar 3004,428 kg/mm sedangkan pada kolom dengan lubang nilai rata-rata kekakuannya sebesar 2120,578 kg/mm berarti mengalami penurunan sebesar 41,679 %. Dapat disimpulkan bahwa peletakan lubang dalam kolom dapat mengurangi daktilitas dan kekakuan kolom.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Ir. A. Mediyanto, MT
2. Edy Purwanto, ST, MT
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik