Penulis Utama : Lia Devi Vitri Andani
NIM / NIP : R1115055
×

Latar belakang : Perawatan kesehatan organ reproduksi sangat penting untuk menghindari terjadinya keputihan. Studi pendahuluan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa 8 dari 10 siswi memiliki pengetahuan yang kurang mengenai perawatan organ genitalia eksterna.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode peer teaching terhadap pengetahuan perawatan organ genitalia eksterna.

Metode : Quasy experimental dengan model rancangan pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik analisis data menggunakan uji Mann-Whitney untuk kelompok  tidak berpasangan dan uji Wilcoxon untuk kelompok berpasangan dengan tingkat kesalahan 5%.

Hasil : Hasil uji Mann-Whitney data posttest kelompok kontrol dan eksperimen didapatkan p= 0,047 (<0.05), hasil uji Wilcoxon data pretest dan posttest kelompok eksperimen didapatkan p= 0,000 (<0.05), sehingga Ha diterima dan Ho ditolak yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengetahuan signifikan setelah diberikan metode peer teaching.

Simpulan : Metode peer teaching berpengaruh dalam meningkatkan pengetahuan perawatan organ genitalia eksterna.

Kata kunci :  peer teaching, pengetahuan, organ genitalia eksterna.

×
Penulis Utama : Lia Devi Vitri Andani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R1115055
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Metode Peer Teaching Terhadap Pengetahuan Perawatan Organ Genitalia Eksterna
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Kedokteran - 2016
Program Studi : D-4 Kebidanan Transfer
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran Prog.D IV Bidan Pendidik-R1115055-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. E. Listyaningsih, dr., M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.