Penulis Utama : Lina Ardi Arti
NIM / NIP : F3113035
×

Tujuan penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengidentifikasi proses penanganan custom clearance akibat kesalahan pemberitahuan impor barang pada PT Mitra Kargo Indonesia.

Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus yaitu mengambil satu obyek tertentu untuk dianalisa secara mendalam dengan memfokuskan pada satu masalah. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer dikumpulkan melalui wawancara langsung dan pengumpulan data dengan pihak PTMitra Kargo Indonesia. Sedangkan data sekunder diperoleh dari buku maupun sumber bacaan lain yang ada kaitannya dengan pokok pembahasan dalam penyusunan tugas akhir.

Hasil penelitian yang diperoleh antaralain peranan PT Mitra Kargo Indonesia dalam proses penanganan custom clearance adalah sebagai freight forwader yang mewakili importir untuk melakukan pengeluaran barang impor. Dimana freight forwader membantu pengurusan dokumen impor yang dibutuhkanuntuk custom clearance sampai barang keluar dan sampai pada gudang importir. Dokumen yang diperlukan untuk custom clearance terkait kesalahan pemberitahuan impor barang antara lain Bill of Lading, Packing List, Invoice, PIB, Asuransi, BKPM,Delivery Order, SPTNP (Surat Penetapan Tarif dan/ Nilai Pabean).

Saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini adalah PT Mitra Kargo Indonesia diharap mampu mengoptimalkan kinerja masing-masing pihak demi kelancaran prosedur custom clerance dan tetap melakukan evaluasi terutama tentang  ketelitian dalam  mengurus dokumen custom clerance impor.

Kata kunci: custom clearance,  freight forwading.

×
Penulis Utama : Lina Ardi Arti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3113035
Tahun : 2016
Judul : Proses Penanganan Custom Clearance Akibat Kesalahan Pemberitahuan Impor Barang pada PT. Mitra Kargo Indonesia
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Ekonomi dan Bisnis - 2016
Program Studi : D-3 Bisnis Internasional
Kolasi :
Sumber : UNS-FEB Prog. D III Manajemen Perdagangan-F3113035-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Arif Rahman Hakim,SE., M.Ec.Dev
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.