Penulis Utama : Mela Astuti
NIM / NIP : K3312046
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas pertanyaan serta prestasi belajar siswa kelas XI MIA 1 menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan modul elektronik pada materi pokok larutan penyangga di SMA Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 2 Karanganyar yang berjumlah 35 siswa. Sumber data adalah guru dan siwa. Teknik pengumpulan data adalah metode observasi, angket, tes, wawancara, dokumentasi dan arsip. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pencapaian aspek pengetahuan siswa sebesar 34% pada siklus I menjadi 82% pada siklus II. Pada aspek sikap ketercapaian siklus I sebesar 94% namun tetap dilanjutkan pada siklus II karena indikator sikap sosial jujur belum tuntas, pada siklus II ketercapaian sebesar 100%. Pada aspek keterampilan ketercapaian ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 100% dan tidak dilanjutkan ke siklus II karena semua indikator sudah terpenuhi. Sedangkan aspek pertanyaan kuantitas pertanyaan siswa meningkat dari observasi ke siklus I yaitu dari 2 pertanyaan menjadi 9 pertanyaan, sedangkan hasil siklus I mengalami peningkatan target ke siklus II dari 9 pertanyaan menjadi 16 pertanyaan.
Kata Kunci : Team Assisted Individualization (TAI), Kuantitas dan Kualitas Pertanyaan, Prestasi Belajar, Modul Elektronik, Larutan Penyangga.
 

×
Penulis Utama : Mela Astuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3312046
Tahun : 2016
Judul : Peningkatan Kuantitas dan Kualitas Pertanyaan Serta Prestasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Berbantuan Modul Elektronik (Pembelajaran pada Materi Pokok Larutan Penyangga di Kelas XI MIA 1 SMAN 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Kimia-K3312046-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Budi Utami, S.Pd, M.Pd.
2. Dr. Mohammad Masykuri, M,Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.