Penulis Utama : Muhammad Sopandi
NIM / NIP : K3512044
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik Kelas XI RPL B SMK Negeri 2 Karanganyar dengan penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada Mata Pelajaran Pemrograman Desktop, (2) Mengetahui peningkatan keaktifan peserta didik Kelas XI RPL B SMK Negeri 2 Karanganyar dengan penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada Mata Pelajaran Pemrograman Desktop.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, tetapi sebelumnya terlebih dahulu dilaksanakan tahap prasiklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI RPL B SMK Negeri 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 34 peserta didik dengan laki-laki sejumlah 28 peserta didik dan perempuan sejumlah 6 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, tes, dan wawancara. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi dan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif komparatif.
Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan persentase ketuntasan peserta didik pada ranah kognitif prasiklus 33,33%, siklus I 40,00%, dan siklus II 96,97%; ranah afektif prasiklus 3,03%, siklus I 56,25%, dan siklus II 84,85%; ranah psikomotorik prasiklus 0,00%, siklus I 40,63%, dan siklus II 81,82%; serta keaktifan prasiklus 6,06%, siklus I 50,00%, dan siklus II 93,94%. Hasil wawancara dengan peserta didik menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning menyenangkan dan membuat peserta didik lebih aktif dalam proses pembelajaran. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran Pemrograman Desktop dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan peserta didik Kelas XI RPL B SMK Negeri 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016.
Kata Kunci : project based learning, pemrograman desktop, hasil belajar, keaktifan, ketuntasan

 

×
Penulis Utama : Muhammad Sopandi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3512044
Tahun : 2016
Judul : Penerapan model pembelajaran project based learning (pbl) pada mata pelajaran pemrograman desktop untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas xi rpl b smk negeri 2 Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer-K.3512044-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Basori, S.Pd., M.Pd
2. Dr. Agus Efendi, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.