Penulis Utama : Rizal Kusumajati Nugroho
NIM / NIP : M0512050
×

Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta merupakan salah satu tempat berlangsungnya acara-acara besar. Acara-acara tersebut tidak hanya ditujukan pada mahasiswa tetapi juga masyarakat umum, sehingga penunjuk jalan menuju lokasi menjadi sesuatu yang penting. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk membantu pencarian lokasi adalah Augmented Reality Markerless.
Pengimplementasian augmented reality markerless pada aplikasi ini memanfaatkan sensor yang terintegrasi dalam device android berupa akselerometer, kompas dan GPS dipadukan dengan perhitungan azimuth dan haversine formula. Data lokasi gedung disimpan dalam media penyimpanan internal.
Hasil pengujian black box menunjukkan bahwa semua fungsi berjalan baik. Pengukuran usability (kuisioner) dilakukan terhadap 50 reponden yang hasilnya menunjukkan bahwa aplikasi yang dibuat mendapatkan sikap positif dari responden. Hasil pengujian akurasi menunjukkan bahwa aplikasi ini memiliki tingkat akurasi yang baik dibuktikan melalui pengujian terhadap 3 sampel gedung.
Kata kunci: akselerometer, android, augmented reality, GPS, kompas

 

×
Penulis Utama : Rizal Kusumajati Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M0512050
Tahun : 2016
Judul : Implementasi augmented reality markerless menggunakan akselerometer, kompas, dan gps pada android untuk identifikasi gedung di Universitas Sebelas Maret
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. MIPA - 2016
Program Studi : S-1 Informatika
Kolasi :
Sumber : UNS-F. MIPA Jur. Informatika-M.0512050-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Afrizal Doewes, S.Kom., M.Sc
2. Abdul Aziz, S.Kom., M.Cs
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.