Penulis Utama : Dhelta Cherristya
NIM / NIP : R0013036
×

Latar Belakang : Terwujudnya penanganan yang tepat terhadap pencegahan dan penanggulangan dari bahaya kebakaran. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan dan tindakan apa saja yang dilakukan untuk mengantisipasi secara dini terhadap bahaya kebakaran di Rumah Sakit Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta.
Metode : Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk menggambarkan penerapan sistem pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran di Rumah Sakit Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta. Data diperoleh dengan cara observasi secara langsung di lapangan dan wawancara dengan pekerja serta dari buku-buku referensi yang berhubungan dengan pencegahan dan penanggulangan kebakaran.
Hasil : Rumah Sakit Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta telah menerapkan sistem pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku. Berdasarkan hasil analisis ditemukan beberapa potensi bahaya yang dapat menimbulkan bahaya kebakaran diantaranya yaitu akibat konsleting listrik, pembakaran sampah di insinerator, gudang penyimpanan bahan kimia (instalasi logistik), peralatan medis dan lain-lain.
Simpulan : Rumah Sakit Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso telah menerapkan sarana, sistem, fasilitas dan Tim K3 Rumah Sakit untuk mencegah dan menanggulangi bahaya kebakaran. Hal ini secara garis besar telah sesuai dengan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No: 26/PRT/M/2008 tentang Persyaratan Teknis Proteksi Kebakaran pada Bangunan Gedung dan Lingkungan, untuk pemasangan sprinkler belum diterapkan di rumah sakit ini.
Kata Kunci : Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran, Pencegahan Kebakaran, Penanggulangan Kebakaran

 

×
Penulis Utama : Dhelta Cherristya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0013036
Tahun : 2016
Judul : Implementasi pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran di rumah sakit ortopedi Prof. DR. R. Soeharso
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2016
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog. D III Hiperkes dan Keselamatan Kerja- R.0013036-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Maria Paskanita W., SKM., M.Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.