Penulis Utama : Wityarsiningrum
NIM / NIP : E0012398
×

Penulisan hukum ini bertujuan untuk memberikan preskripsi terhadap peruntukan Tanah Cadangan Umum Negara bekas Perkebunan Tratak dalam mewujudkan Reforma Agraria dan memberikan preskripsi terhadap proses redistribusi Tanah Cadangan Umum Negara bekas Perkebunan Tratak berdasarkan peraturan perundang-undangan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum yang bersifat preskriptif yang menggunakan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Sumber penelitian hukum ini diperoleh dari bahan hukum primer berupa peraturan perundang-undangan dan bahan hukum sekunder berupa publikasi tentang hukum yang bukan merupakan dokumen resmi. Teknik pengumpulan bahan hukum yang digunakan adalah studi dokumen atau studi kepustakaan yang dianalisa menggunakan metode silogisme deduksi dan interpretasi.
Berdasarkan hasil penelitian, ditinjau dari riwayat penguasaan Tanah Cadangan Umum Negara bekas Perkebunan Tratak, luas tanah yang diredistribusikan, dan peruntukkan Tanah Cadangan Umum Negara bekas Perkebunan Tratak untuk cadangan negara lainnya, dapat disimpulkan bahwa peruntukkan Tanah Cadangan Umum Negara bekas Perkebunan Tratak belum sepenuhnya mewujudkan reforma agraria. Dalam pelaksanaan acces reform juga belum dapat dikatakan berhasil atau tidak, karena hingga sekarang kesepakatan bersama belum ditindaklanjuti ke dalam perjanjian kerjasama. Namun di dalam pelaksanaan redistribusi Tanah Cadangan Umum Negara bekas Perkebunan Tratak sudah memenuhi ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 224 Tahun 1961 tentang Pelaksanaan Pembagian Tanah dan Pemberian Ganti Kerugian.
Kata Kunci: Reforma Agraria, Redistribusi, Cadangan Negara Lainnya, Tanah Cadangan Umum Negara.

×
Penulis Utama : Wityarsiningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0012398
Tahun : 2016
Judul : Pendayagunaan tanah cadangan umum negara untuk reforma agraria (studi bekas perkebunan tratak)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Hukum - 2016
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Hukum Jur. Ilmu Hukum-E.0012398-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. I. Gusti Ayu Ketut Rachmi H, S.H., M.M
2. Lego Karjoko, S.H., M.H
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.