Penulis Utama : Diana Sandra Pontoh
NIM / NIP : S521402007
×

Latar belakang: Pengendalian Demam Berdarah Dengue yang tepat adalah pemutusan rantai penularan yaitu dengan pengendalian vektornya. Keterlibatan masyarakat dalam pencegahan Demam Berdarah Dengue sangatlah diperlukan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perbedaan pengaruh pendidikan dengan audio visual dan leaflet terhadap pengetahuan, sikap, perilaku dan Angka Bebas Jentik penyakit Demam Berdarah Dengue.
Metode: Jenis penelitian ini adalah eksperimental murni dengan pendekatan pre – post test ramdomized controledl group design. Populasi sumber adalah semua warga masyarakat kota Kotamobagu yakni berjumlah 119.425 orang. Jumlah sampel sebanyak 115 orang yang terdiri 58 orang untuk kelompok perlakuan dan 57 orang untuk kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dengan menggunakan uji beda T test yaitu Paired T test dan Independent T test.
Hasil: Terdapat perbedaan yang signifikan pengetahuan sesudah pemberian pendidikan tentang penyakit DBD pada masyarakat di Kota Kotamobagu antara kelompok perlakuan dengan media audio visual dan kelompok kontrol dengan media leaflet (t = 9,599; 0,000 < 0,05), terdapat perbedaan yang signifikan sikap sesudah pemberian pendidikan tentang penyakit DBD pada masyarakat di Kota Kotamobagu antara kelompok perlakuan dengan media audio visual dan kelompok kontrol dengan media leaflet (t = 4,320; 0,000 < 0,05), terdapat perbedaan yang signifikan perilaku sesudah pemberian pendidikan tentang penyakit DBD pada masyarakat di Kota Kotamobagu antara kelompok perlakuan dengan media audio visual dan kelompok kontrol dengan media leaflet (t = 9,599; 0,000 < 0,05). Bebas jentik nyamuk di rumah masyarakat Kota Kotamobagu sesudah diberi pendidikan tentang penyakit DBD, pada kelompok perlakuan 96,55% dan pada kelompok kontrol 87,72%.
Kesimpulan: Terdapat perbedaan pengaruh pendidikan dengan audio visual dan leaflet terhadap pengetahuan, sikap, perilaku dan Angka Bebas Jentik penyakit Demam Berdarah Dengue.
Kata Kunci: Pengetahuan, Sikap, Perilaku, Angka Bebas Jentik

 

×
Penulis Utama : Diana Sandra Pontoh
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S521402007
Tahun : 2016
Judul : Perbedaan pengaruh pendidikan dengan audio visual dan leaflet terhadap pengetahuan, sikap, perilaku dan angka bebas jentik penyakit demam berdarah dengue
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Kedokteran Keluarga
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Kedokteran Keluarga-S.521402007-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Didik Tamtomo, dr, MM, M.Kes, PAK
2. Prof. Dr. Harsono Salimo, dr, Sp.A(K)
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.