Penulis Utama : Elim Ibelina Mangayun
NIM / NIP : S501008025
×

Latar Belakang: Papua barat merupakan daerah yang menempati urutan ketujuh angka kejadian tertinggi HIV- AIDS di Indonesia. Sel CD4 merupakan sel yang berperan penting pada progresifitas penyakit HIV-AIDS. Pemeriksaan CD4 merupakan marker monitoring terapi dan prognosis pasien HIV. Peningkatan kadar CD4 pada terapi ARV merupakan indikator keberhasilan terapi ARV.
Tujuan: Membandingkan kadar CD4 sebelum dan enam bulan sesudah terapi antiretroviral pada pasien HIV-AIDS serta mengetahui efektifitas terapi kombinasi ARV lini I terhadap kadar CD4 pasien HIV- AIDS.
Metode: Desain penelitian kuantitatif eksperimental dengan pendekatan pre dan post terapi. Pengambilan sampel secara konsekutif pada 38 pasien HIV- AIDS di Rumah Sakit Sele be solu dan Puskesmas Sorong. Analisa data dengan uji t berpasangan jika data berdistribusi normal atau wilcoxon signed rank test jika data tidak berdistribusi normal.
Hasil: Terdapat perbedaan kadar CD4 sebelum dan enam bulan sesudah terapi ARV pada pasien HIV-AIDS di Rumah Sakit Sele be solu dan Puskesmas Sorong dengan nilai p < 0.05 untuk regimen kombinasi tenofovir, lamivudine dan efavirenz, sedangkan untuk ketiga regimen lainnya tidak menunjukkan perubahan yang signifikan dengan nilai p> 0,05.
Simpulan: Terdapat perbedaan yang signifikan untuk perubahan kadar CD4 sebelum dan enam bulan sesudah terapi ARV menggunakan regimen terapi kombinasi tenofovir, lamivudine dan efavirenz.
Kata kunci : CD4, ARV, HIV-AIDS

 

×
Penulis Utama : Elim Ibelina Mangayun
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S501008025
Tahun : 2016
Judul : Perbandingan kadar cd4 sebelum dan enam bulan sesudah terapi antiretroviral pasien hiv-aids Kajian Di Rumah Sakit Sele Be Solu dan Puskesmas Kota Sorong Provinsi Papua Barat
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Biomedik
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Kedokteran Keluarga-S.501008025-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ambar Mudigdo,dr, SpPA-(K)
2. dr. Tahono, SpPK (K)
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.