Penulis Utama : Olga Rindang Amesti
NIM / NIP : K3212042
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Pelaksanaan pembelajaran kreasi boneka pada mata pelajaran Seni Budaya di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 6 Surakarta.(2) Bentuk kreasi boneka yang dihasilkan siswa. Sejalan dengan tujuan penelitian, maka penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah informan yang dipilih yaitu Ibu Untari, S.Pd selaku guru seni budaya dan siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 6 Surakarta serta sumber informasi lain adalah foto, hasil karya, dan dokumen arsip. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah model mengalir meliputi reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses pembelajaran kreasi boneka di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 6 Surakarta dilaksanakan dengan baik. Hal itu didukung dengan guru yang inovatif, kreatif, terbuka, siswa yang antusias dan minat yang tinggi serta perangkat pembelajaran yang tepat sehingga tujuan pembelajaran tercapai dan mampu memacu kreatifitas siswa. Namun demikian dalam penilaian perlu perbaikan agar penilaian lebih mendetail (2) Mayoritas karya yang dibuat sudah mencerminkan penguasaan teknik membuat boneka. Mayoritas siswa pun sudah dapat menuangkan ide dalam kreasi boneka dengan baik. Namun demikian dalam penerapan unsur dan prinsip seni rupa masih perlu perbaikan, karena mayoritas siswa hanya cukup baik saja dalam menguasainya.
Kata kunci: pembelajaran, kreasi, boneka

×
Penulis Utama : Olga Rindang Amesti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3212042
Tahun : 2016
Judul : Pembelajaran kreasi boneka pada mata pelajaran seni budaya di kelas xi ips 4 sma negeri 6 Surakarta tahun ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Seni Rupa-K.3212042-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. My. Ning Yuliastuti, M.Pd
2. Dr. Adam Wahida, M.Sn
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.