Penulis Utama : Aditya Wardhana
NIM / NIP : F3413003
×

Dalam penulisan tugas akhir ini penulis mengambil judul “Evaluasi
Penerimaan Negara dari Pemungutan PPN atas Impor Barang Kena Pajak di
KPPBC Tipe Madya Pabean Surakarta”. Tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah mengetahui berapa besar kontribusi dari pemungutan Pajak Pertambahan Nilai terhadap total penerimaan pajak di KPPBC Tipe Madya Pabean Surakarta tahun anggaran 2013 – 2015 melihat semakin meningkatnya kegiatan ekspor maupun impor.
Objek PPN sangat banyak, satu yang akan dibahas penulis disini adalah impor Barang Kena Pajak. Pajak Pertambahan Nilai atas impor adalah pajak yang dikenakan atas impor BKP dari luar daerah pabean ke dalam daerah pabean. Dalam penulisan tugas akhir ini, penulis menggunakan metode praktik, wawancara, dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Sedangkan teknik pembahasan yang digunakan adalah Pembahasan Deskriptif.
Dalam penerimaan PPN atas impor BKP periode tahun 2013 – 2015 di KPPBC Tipe Madya Pabean Surakarta semakin meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini disebabkan meningkatnya impor BKP yang dilakukan oleh importir yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Penerimaan PPN impor terrbesar terjadi pada tahun 2015 yaitu sebesar Rp 7.634.624.064,00 atau 4,1%. Sedangkan penerimaan PPN impor terkecil terjadi pada tahun 2013 yaitu sebesar Rp 5.510.914.407,00 atau 2,7%.
Dari penelitian ini terdapat kekurangan yaitu tidak adanya target dan realisasi pada penerimaan PPN atas barang impor tiap tahunnya. Berdasarkan uraian di atas diharap untuk tahun-tahun mendatang dibuat target dan realisasi sehingga penerimaan PPN impor dapat lebih maksimal dan untuk mempermudah mengetahui kinerja KPPBC Tipe Madya Pabean Surakarta dalam memungut PPN atas impor BKP pada setiap tahunnya.
Kata kunci : Kontribusi PPN Tahun 2013-2015

 

×
Penulis Utama : Aditya Wardhana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3413003
Tahun : 2016
Judul : Evaluasi pemungutan ppn atas impor barang kena pajak di kantor pengawasan dan pelayanan bea dan cukai tipe madya pabean Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Binis - 2016
Program Studi : D-3 Perpajakan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Prog. D III Perpajakan-F.3413003-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing :
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.