Penulis Utama : Dahdiar Tria Hapyzanuar
NIM / NIP : M0411011
×

Sumber air “Sumber Lanang” merupakan mata air yang memiliki debit air yang cukup besar mencapai 90 liter per detik sehingga berpotensi untuk dijadikan sumber air baku untuk air minum. Sampai saat ini data tentang kualitas air baku air minum di “Sumber Lanang” masih sedikit. Air yang layak konsumsi harus memenuhi syarat fisika, kimia dan biologis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas air “Sumber Lanang” berdasarkan parameter fisik (suhu, rasa, bau), kimia (besi dan seng), biologis (total bakteri kolform) sebagai air baku air minum sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 492/ MENKES/ PER/ IV/ 2010.
Metode yang digunakan untuk penelitian kadar besi dan seng dengan metode spektrofotometri, sedangkan untuk pemeriksaan total bakteri koliform menggunakan metode Most Probable Number (MPN) tabung ganda. Hasil pengujian kemudian dibandingkan dengan persyaratan kualitas air baku untuk air minum sesuai Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 492/MENKES/PER/IV/2010.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas air “Sumber Lanang” berdasarkan parameter fisik (suhu, rasa, bau), kimia (besi dan seng), biologis (total bakteri kolform) sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 492/ Menkes/ PER/ IV/ 2010. Ditinjau dari parameter yang diteliti air dari “Sumber Lanang” layak dimanfaatkan sebagai air baku untuk air minum.
Kata kunci : besi (Fe), seng (Zn), sumber air baku air minum, total bakteri koliform

 

×
Penulis Utama : Dahdiar Tria Hapyzanuar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M0411011
Tahun : 2016
Judul : Analisis kadar besi (fe), seng (zn) dan total bakteri koliform pada sumber air “sumber lanang” di kabupaten Ngawi sebagai air baku air minum
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. MIPA - 2016
Program Studi : S-1 Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. MIPA Jur. Biologi-M.04110112-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sunarto, M.S
2. Dr. Wiryanto, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.