Penulis Utama : Intan Febrika Ramaswami
NIM / NIP : K5112034
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh contextual teaching and learning terhadap peningkatan prestasi belajar matematika bagi anak down syndrome kelas II di SD Alfirdaus Surakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah satu siswa down syndrome kelas II di SD Alfirdaus Surakarta.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen subjek tunggal dengan tipe desain A-B-A. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan tes bentuk objektif yaitu tes tertulis jawaban singkat dan tes lisan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif serta menggunakan analisis visual berupa grafik.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Fase baseline 1 dengan mean level 47,50. Fase intervensi dengan mean level 70,62. Fase baseline 2 dengan mean level 86,25. Mean level tersebut menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar di tiap fasenya. Grafik dalam tiap sesi menunjukkan kecenderungan yang stabil. Hasil tersebut membuktikan bahwa ada pengaruh contextual teaching and learning terhadap peningkatan prestasi belajar matematika bagi anak down syndrome kelas 2 di SD Alfirdaus Surakarta.
Kata kunci: contextual teaching and learning, prestasi belajar matematika, down syndrome

 

×
Penulis Utama : Intan Febrika Ramaswami
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5112034
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh contextual teaching and learning terhadap peningkatan prestasi belajar matematika bagi anak down syndrome kelas ii di SD Alfirdaus Surakarta tahun 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus/Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Luar Biasa-K.5112034-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Munawir Yusuf, M.Psi
2. Mohammad Anwar, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.