Penulis Utama : Septi Pambudi Arti
NIM / NIP : K5112064
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Forward Chaining dalam meningkatkan kemampuan merawat diri materi makan pada anak tunagrahita sedang kelas III di SLB Negeri Surakarta tahun ajaran 2015/2016.
Pendekatan penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Pendekatan eksperimen yang digunakan adalah pendekatan Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan adalah rancangan A-B-A. Subjek penelitian merupakan dua siswa tunagrahita sedang kelas III SDLB di SLB Negeri Surakarta. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik observasi dan tes perilaku. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif yang di dapat melalui analisi dalam kondisi dan analisis antar kondisi.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. Peningkatan kemandirian tata cara makan kedua subjek terlihat dari meningkatnya mean level kedua subjek pada setiap fasenya. Subjek DAH mempunyai mean level 43 pada baseline-1, kemudian mean level subjek DAH meningkat menjadi 72 pada fase intervensi yaitu pada saat diberikan perlakuan menggunakan forward chaining lalu meningkat dan stabil pada fase baseline-2 yaitu dengan mean level 82. Kemudian pada subjek AKAH mempunyai mean level 42 pada baseline-1, lalu mengalami peningkatan mean level menjadi 67 pada fase intervensi dan meningkat stabil 81 pada fase baseline-2. Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan Forward Chaining dapat meningkatkan kemampuan merawat diri materi makan pada anak tunagrahita sedang kelas III di SLB Negeri Surakarta tahun ajaran 2015/2016.
Kata Kunci: Forward Chaining, Merawat Diri, Tata Cara Makan, Tunagrahita Sedang.

 

×
Penulis Utama : Septi Pambudi Arti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5112064
Tahun : 2016
Judul : Efektivitas penggunaan forward chaining untuk meningkatkan kemampuan merawat diri materi makan pada anak tunagrahita sedang kelas iii di slb negeri Surakarta tahun ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus/Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Luar Biasa-K.5112064-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Subagyo, M. Si
2. Priyono, S. Pd, M. Psi
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.