Penulis Utama : Arga Essa Pramudya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R.021200
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh pengetahuan terhadap kepatuhan penggunaan apd pada pekerja unit spinning pt. delta dunia textile Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog. D IV Keselamatan dan Kesehatan Kerja-R.021200-2016
Subyek : PENGETAHUAN APD
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Latar Belakang : Tingginya angka kecelakaan diakibatkan oleh ketidak patuhan tenaga kerja dalam penggunaan alat pelindung diri. Kurangnya kepatuhan penggunaan alat pelindung diri disebabkan rendahnya pengetahuan tentang alat pelindung diri. Tujuan ini untuk mengetahui pengaruh pengetahuan tentang alat pelindung diri terhadap kepatuhan penggunaan alat pelindung diri pada tenaga kerja Unit Spinning di PT Delta Dunia Textile Karanganyar
Metode : Metode one group pretest-postest Quasi Experimental. Populasi adalah Pekerja Unit Spinning PT Delta Dunia Textile. Sampel didapatkan dengan teknik Total Sampling yaitu 46 orang. Instrumen yang digunakan adalah koesioner dan checklist. Teknik pengolahan dan analisis data dengan menggunakan uji Wilcoxon dan Correlation Spearman dengan SPSS Versi 17.
Hasil : Hasil menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan dengan nilai signifikansi p-value = 0.000 dan terdapat pengaruh antara pengetahuan terhadap kepatuhan penggunaan APD sesudah dilakukan penyuluhan dengan nilai R = 0.651 dan nilai signifikan p-value = 0.000.
Kesimpulan : Terdapat pengaruh pengetahuan terhadap kepatuhan penggunaan alat pelindung diri sesudah penyuluhan pada tenaga kerja Unit Spinning PT Delta Dunia Textile Karanganyar.
Kata Kunci : Pengetahuan APD, Kepatuhan Penggunaan APD, Penyuluhan

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Cover - Lampiran.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
16.jpg
NASKAH PUBLIKASI.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Haris Setyawan, S.KM., M.Kes
2. Tutug Bolet Atmojo, S.KM., M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran