Penulis Utama : Rizqi Fitriana Rahmattulloh
NIM / NIP : D1513090
×

Administrasi merupakan rangkaian kegiatan atau proses pengendalian cara atau sistem kerja sama sejumlah orang agar berlangsung secara efektif dan efisien dalam mewujudkan suatu tujuan dari organisasi, baik pada kantor pemerintahan maupun swasta. Administrasi yang diamati dikaitkan dengan kegiatan tata usaha kantor yang dilamnya terdapat segala kegiatan mulai dari mengetik, mengolah, mencetak, komputerisasi dan surat – menyurat. Adapun tujuan dari penulisan laporan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui bagaimana Administrasi penerimaan premi pertama dan penagihan bulanan di PT Asuransi Jiwasraya cabang Surakarta.
Dalam melakukan pengamatan dipilih bagian Operasional dan Penjualan karena terdapat macam – macam kegiatan ketatausahaan di bagian Operasional. Jenis pengamatan yang digunakan yaitu  deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan informasi yang menghasilkan data. Sumber data yang diperoleh yaitu dari hasil wawancara serta dokumen perusahaan. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan observasi di bagian pelaksana administrasi penerimaan premi pertama dan penagihan bulanan.
Dari hasil pengamatan yang dilakukan pada bagian Operasional dan Penjualan PT Asuransi Jiwasraya cabang Surakarta, administrasi yang berhubungan dengan ketatausahaan dilaksanakan dengan baik misalnya dalam mengolah data dari nasabah sehingga data dapat dipertanggungjawabkan keasliannya.
Kesimpulan dari pengamatan ini adalah Administrasi penerimaan premi pertama dan penagihan premi bulanan di PT Asuransi Jiwasraya cabang Surakarta meliputi penerimaan data Surat Permintaan Asuransi Jiwa dari nasabah, Menerima dan mengecek keaslian data, Menginput data nasabah, Mencetak Polis, Menerima Premi Pertama, sampai dengan melakukan penagihan Premi bulanan kepada nasabah dengan mencetak dan mengirim reminder.
Kata kunci: Administrasi, Asuransi, Penerimaan dan Penagihan Premi, Premi

 

×
Penulis Utama : Rizqi Fitriana Rahmattulloh
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1513090
Tahun : 2016
Judul : Administrasi penerimaan premi pertama dan penagihan bulanan di pt asuransi jiwasraya (persero) cabang Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2016
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Prog. D III Manajemen Administrasi-D.1513090-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. H. Muchtar Hadi, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.