Penulis Utama : Satrio Khabib Setiyono
NIM / NIP : K2512067
×

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan motivasi belajar melalui model Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran kompetensi kejuruan (2) meningkatkan prestasi belajar melalui model Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran kompetensi kejuruan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR 4 SMK Ganesha Tama Boyolali yang berjumlah 33 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti, guru, observer, dan siswa. Pelaksanaan tindakan dalam penelitian ini dilakukan dengan memberikan simulasi terlebih dahulu oleh peneliti kepada guru kelas. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Prosedur penelitian meliputi tahap (1) perencanaan tindakan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi dan interpretasi (4) tahap analisis dan refleksi. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing – masing siklus dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan, selama 2 x 45 menit.
Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar dan prestasi belajar pada mata pelajaran kompetensi kejuruan baik proses maupun hasil melalui penerapan model pembelajaran NHT. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan motivasi belajar pada siklus 1 (73,61%) menjadi (77,30%) pada siklus 2, adanya peningkatan prestasi belajar siswa dari 22 siswa (66,67%) pada siklus 1 menjadi 27 siswa (82,00%) pada siklus 2.
Kata kunci : Motivasi, Prestasi, Numbered Heads Together

 

×
Penulis Utama : Satrio Khabib Setiyono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2512067
Tahun : 2016
Judul : Upaya meningkatkan motivasi dan prestasi belajar menggunakan model numbered heads together (nht) pada siswa kelas xi tkr 4 smk ganesha tama Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Teknik Mesin-K.2512067-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suharno, S.T, M.T
2. Ngatou Rohman, S.Pd., M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.