Penulis Utama : Andhika Henny Nusantari
NIM / NIP : F0312009
×

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji faktor-faktor yang mendorong transparansi keuangan dan pengungkapan kinerja dalam website pemerintah daerah dan untuk mengetahui seberapa besar tingkat transparansi keuangan dan kinerja yang dilakukan oleh pemerintah daerah. Penilaian terhadap tingkat transparansi keuangan dan kinerja dalam website dilakukan dengan menggunakan checklist, untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat transparansi keuangan dan kinerja menggunakan analisis regresi berganda. Penelitian ini didasarkan pada sampel website pemerintah daerah tingkat dua atau Kota dan Kabupaten yang dapat diakses pada tahun 2015. Penelitian ini menggunakan 92 sampel website pemerintah daerah Kota atau Kabupaten di Pulau Jawa. Teknik pemilihan sampel adalah purposive sampling. Observasi dilakukan dari November-Desember 2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran pemerintah, tingkat ketergantungan terhadap pemerintah pusat, dan tipe pemerintah tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat transparansi keuangan dan kinerja dalam website pemerintah daerah. Dua variabel lainnya yaitu tingkat kesejahteraan dan tingkat pengangguran terbuka berpengaruh signifikan terhadap tingkat transparansi keuangan dan kinerja dalam website pemerintah daerah di Indonesia studi kasus pada Pulau Jawa. Rata-rata tingkat transparansi keuangan dan kinerja sebesar 47%. Nilai yang dihasilkan masih dibawah 50% sehingga dapat dikatakan pengungkapan dalam website masih belum optimal.
Kata kunci : Transparansi, e-government, ukuran pemerintah (size), tingkat ketergantungan (dependency), tingkat kesejahteraan (wealth), TPT, Type. Local Government Website

 

×
Penulis Utama : Andhika Henny Nusantari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0312009
Tahun : 2016
Judul : Analisis determinan tingkat transparansi keuangan dan pengungkapan kinerja website pemerintah daerah dI Indonesia (studi kasus Pulau Jawa)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2016
Program Studi : S-1 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Jur. Akuntansi-F.0312009-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ibrahim Fatwa Wijaya, S.E., M.Sc., Ak
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.