Penulis Utama : Putri Mayang Sari
NIM / NIP : K1311065
×

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran Learning Cycle 7E yang dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII G SMP Negeri 8 Surakarta dan mengetahui peningkatan motivasi belajar dan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa setelah mengikuti pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Learning Cycle 7E.
Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data keterlaksanaan pembelajaran, data motivasi belajar siswa dan data hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematika. Untuk mengumpulkan data keterlaksanaan pembelajaran dan motivasi belajar siswa menggunakan metode observasi, sedangkan untuk data kemampuan pemahaman konsep dengan metode tes. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah setidaknya 75% dari jumlah total siswa mencapai kategori motivasi belajar belajar tinggi dalam pembelajaran matematika dan setidaknya 75% dari jumlah total siswa mencapai skor kemampuan pemahaman konsep lebih dari atau sama dengan 3 dengan skor maksimal adalah 4.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa tahapan proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran tipe Learning Cycle 7E di kelas VIII G SMP Negeri 8 Surakarta yang dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan pemahaman konsep adalah sebagai berikut. 1) Tahap Elicit. Pada tahap ini guru mengingatkan kembali materi pembelajaran yang diperoleh siswa pada materi sebelumnya. Proses mengingatkan kembali dapat berupa memberikan pertanyaan terkait materi sebelumnya. 2) Tahap Engage. Pada tahap engage guru melakukan apresepsi dan motivasi tentang materi yang akan dipelajari. Motivasi yang diberikan kepada siswa berupa permasalahan yang ada dalam kehidupan sehari-hari terkait materi, sehingga siswa dapat mengetahui penerapan materi dalam kehidupan dan dapat termotivasi mengikuti pembelajaran. 3) Tahap Explore. Pada tahap ini guru meminta siswa duduk dalam kelompok yang telah ditentukan oleh guru. Masing-masing kelompok memperoleh Lembar Kerja Siswa (LKS) yang berisi lembar kegiatan, masalah matematika dan petunjuk pengerjaannya. Siswa berdiskusi dengan anggota kelompok lainnya untuk dapat menyelesaikan permasalahan dalam LKS tersebut. Siswa yang sudah paham menjelaskan kepada siswa yang tidak paham. Guru memandu jalannya diskusi dan memonitor kegiatan siswa. 4) Tahap Explain. Pada tahap ini, guru meminta beberapa kelompok mempresentasikan LKS nya, sedangkan kelompok yang lain diminta untuk memberikan tanggapan atau pertanyaan. Guru memotivasi siswa untuk bertanya atau menanggapi hasil pekerjaan kelompok yang maju, siswa yang berani maju atau
berani berpendapat diberi apresiasi oleh guru 5) Tahap Elaborate. Pada tahap ini, guru bersama dengan siswa membahas pekerjaan yang telah dipaparkan oleh kelompok dan guru mengklarifikasi apabila ada kesalahan yang disampaikan oleh siswa. 6) Tahap Evaluate. Guru memberikan kuis kepada siswa untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang telah diberikan. Guru memotivasi siswa untuk percaya diri dalam mengerjakan kuis serta tidak mencontek saat kuis, setelah itu guru menanyakan apakah ada materi yang belum dipahami siswa 7) Tahap Extend. Pada tahap ini, guru meminta siswa untuk memberikan contoh penerapan materi pada kehidupan sehari-hari dan guru juga meminta siswa untuk menyelesaikan permasalahan motivasi yang diberikan pada tahap engage. Berdasarkan pembelajaran dengan model pembelajaran Learning Cycle 7E persentase Motivasi Belajar siswa kategori tinggi mengalami peningkatan dari 35,48% pada prasiklus menjadi 61,5% pada siklus I dan menjadi 76,92% pada siklus II. Untuk kemampuan pemahaman konsep matematika siswa mengalami peningkatan dari 34,62% pada prasiklus menjadi 69,23% pada siklus I dan menjadi 69,69% pada siklus II.
Kata Kunci : Learning Cycle 7E, Motivasi Belajar, kemampuan pemahaman konsep matematika

 

×
Penulis Utama : Putri Mayang Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1311065
Tahun : 2016
Judul : Upaya meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan pemahaman konsep siswa melalui model pembelajaran siklus belajar (learning cycle) 7e di kelas viii g smp n 8 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Matematika-K.1311065-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Budiyono, M.Sc
2. Henny Ekana Chrisnawati, S.Si, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.