Penulis Utama : Indah Puji Astuti Utami
NIM / NIP : E0012198
×

Permasalahan yang sering muncul dalam transaksi perdagangan internasional adalah berkenaan dengan cara pembayaran. Hal ini dikarenakan penjual dan pembeli tidak berada pada tempat yang sama, dan perbedaan peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah negara masing-masing. Salah satu cara pembayaran yang dapat mengatasi permasalahan tersebut adalah Letter of Credit (L/C). Oleh karena itu, penelitian hukum ini bertujuan mengetahui hubungan hukum para pihak yang terkait dalam penerbitan L/C dan memberikan pertimbangan-pertimbangan penggunaan L/C sebagai cara pembayaran transaksi perdagangan internasional di ASEAN Economic Community.
Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif yang bersifat preskriptif dan terapan. Penulisan hukum ini menggunakan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Bahan hukum yang digunakan dalam penulisan hukum ini adalah bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Bahan hukum primer merupakan bahan hukum autoritatif yang memiliki otoritas atau kekuasaan dalam pelaksanaannya yang terdiri dari peraturan perundang-undangan, catatan-catatan resmi, atau risalah dalam pembuatan undang-undang, dan putusan-putusan hakim, sedangkan bahan hukum sekunder berupa hasil karya ilmiah dan penelitian-penelitian yang relevan atau terkait dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan bahan hukum yang dilakukan adalah studi kepustakaan (library research), sedangkan teknik analisis bahan hukum menggunakan metode deduksi.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, ditemukan bahwa hubungan hukum antar pihak dalam transaksi perdagangan internasional dengan menggunakan L/C terkait dengan proporsi hak dan kewajiban dari masing-masing pihak. Pembayaran dengan menggunakan L/C merupakan cara yang paling aman dan memberikan kepastian kepada kedua belah pihak dikarenakan adanya jaminan pembayaran dari importir kepada eksportir. Penggunaan L/C diprediksi akan terus meningkat seiring dengan dilaksanakannya ASEAN Economic Community. Berkaitan dengan hal tersebut, L/C sangat cocok dipilih dan diterapkan sebagai pembayaran ketika tingkat kepercayaan di antara eksportir dan importir rendah dan dampak untuk dirugikan itu tinggi.
Kata kunci : Letter of Credit (L/C), cara pembayaran, transaksi perdagangan internasional, ASEAN Economic Community.

 

×
Penulis Utama : Indah Puji Astuti Utami
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0012198
Tahun : 2016
Judul : Tinjauan mengenai letter of credit (l/c) sebagai cara pembayaran transaksi perdagangan internasional dalam kerangka asean economic community
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Hukum - 2016
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Hukum Jur. Ilmu Hukum-E.0012198-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Djuwityastuti, S.H, M.H.
2. Anugrah Adiastuti, S.H., M.H.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.